Ingin Jadi Penulis, Kenali Dulu Bedanya Content Writer, Copywriter dan UX Writer

Natasha Oktalia, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2020 21:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 320 2257263 ingin-jadi-penulis-kenali-dulu-bedanya-content-writer-copywriter-dan-ux-writer-p8o41RfJJm.jpg Penulis (Shutterstock)

JAKARTA - Beda profesi beda pula jobdesk yang dimiliki. Namun, secara tidak disadari ternyata banyak profesi yang memiliki jobdesk hampir serupa.

Seperti Content writer, Copywriter dan User Exprience (UX) Writer. Profesi ketiga hampir menyerupai, hanya saja berbeda di beberapa hal.

Melansir instagram Kemnaker, Jakarta, Rabu (5/8/2020), berikut perbedaan Content writer, copywriter dan UX Writer:

 Baca juga: Cara Wawancara dan Seleksi Kerja untuk Penyandang Disabilitas

1. Content Writer

Profesi ini adalah orang yang bertugas untuk menulis sebuah konten berupa informasi. Bisa jadi informasi pengetahuan, informasi yang unik bahkan informasi viral yang terjadi di berbagai belahan dunia sekaligus. Profesi ini tentunya bersifat informatif.

2. Copywriter

Profesi ini adalah mereka yang memiliki tanggung jawab dalam membuat tulisan atau konten yang berkenaan untuk tujuan penjualan suatu produk, selain itu mereka juga persuasif dengan kegiatan story telling dan soft selling.

 Baca juga: 8 Cara Jitu Wawancara Kerja bagi Fresh Graduate, Jaga Kontak Mata

3. User Experience (UX) Writer

Orang yang berada dalam profesi ini yakni mereka yang bertanggung jawab untuk merancang semua teks yang ditemui pengguna saat menggunakan produk yang dihasilkan. Selain itu, mereka juga melakukan ajakan calls to action kepada konsumen.

Kontennya mengarahkan konsumen untuk mengubah cara pandangnya agar membeli produk yang dipasarkan tanpa adanya basa basi dan dan cenderung to the point.

Nah, sudah paham mengenai perbedaan ketiga profesi tersebut? Tertarik Meniti Karier pada Profesi ini?

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini