Para Bos Wanita di Perusahaan Besar Cetak Rekor Baru

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2020 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 320 2257430 para-bos-wanita-di-perusahaan-besar-cetak-rekor-baru-ItQty7tZx3.jpg CEO Wanita (Shutterstock)

JAKARTA - Pemimpin wanita dalam daftar perusahaan besar Fortune 500 tembus rekor baru karena bertambah menjadi 38 orang. Hal tersebut setelah perusahaan penyedia produk rumah tangga hingga perawatan kesehatan Clorox baru saja mengumumkan pemimpin barunya, yakni Linda Randle.

Mengutip dari CNN, Rabu (5/8/2020), Randle, yang saat ini adalah presiden perusahaan, telah bersama Clorox (CLX) selama 17 tahun. Linda akan memulai peran barunya pada 14 September 2020.

Baca juga: 5 Organisasi Nirlaba dengan Penghasilan Terbesar di Dunia, Tertinggi Rp108,26 Triliun

Dia mengambil posisi baru di saat perusahaan sedang sibuk karena pandemi Covid-19. Wajar saja, karena perusahaan juga menjadi produsen desinfektan dan produk pembersih terbesar di dunia.

Hal ini juga berpengaruh pada kinerja perusahaan. Saham Clorox naik 53% tahun ini karena pandemi coronavirus telah menyebar di seluruh Amerika Serikat.

Baca juga: Bill Gates Desak Pemerintah AS untuk Segera Temukan Vaksin Corona

Meskipun jumlah CEO wanita dalam daftar secara teknis mencapai 36 saat ini, namun secara resmi akan mencapai 38 pada pertengahan September setelah Randle memulai peran barunya di Clorox dan Sue Nabi mengambil alih sebagai CEO Coty (COTY) pada 1 September.

Dalam daftar tersebut, ada mantan CEO The Washington Post Katharine Graham yang telah membuat sejarah sebagai wanita pertama dalam daftar pada tahun 1972. Lebih banyak wanita telah naik pangkat tahun ini, tetapi pada saat yang sama ada beberapa turun dari jabatan.

Baca juga: Kekayaan Miliarder Mukesh Ambani Melesat, Kalahkan Warren Buffett dan Elon Musk

Pada bulan Juni, Marillyn Hewson mengundurkan diri dari perannya sebagai CEO Lockheed Martin setelah lebih dari tujuh tahun. Dia sekarang adalah Ketua Dewan Eksekutif.

Ginni Rometty pensiun sebagai CEO IBM (IBM), Cheryl Miller mengambil cuti dari perannya sebagai CEO di AutoNation (AN), dan Kathryn Marinello mengundurkan diri dari perannya sebagai CEO Hertz (HTZ).

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini