Harus Jeli saat Beli Rumah, Cek Bangunan hingga Kondisi Lingkungan

Natasha Oktalia, Jurnalis · Jum'at 07 Agustus 2020 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 470 2258508 harus-jeli-saat-beli-rumah-cek-bangunan-hingga-kondisi-lingkungan-FdEaYbWldk.jpg Harus Jeli Sebelum Memutuskan Beli Rumah. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Calon pembeli harus jeli dalam melihat aspek keseluruhan properti yang ingin dibeli. Tujuannya supaya tidak menyesal pada kemudian hari.

Umumnya, pengembang menyediakan beberapa jenis rumah ataupun apartemen dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik. Dengan tawaran itu, calon pembeli harus jeli dalam menentukan pilihan.

Melansir dari buku Interior Hunian Elegan karya Atrid Kusuomowidagdo, Jakarta, Jumat (7/8/2020). Membagikan beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan ketika akan membeli properti.

1. Mengecek kondisi dan rencana spesifikasi bangunan yang ada ataupun yang akan dibangun. Jangan lupa, pertimbangkan pula penataan denah mulai dari peletakan ruang tamu, kamar tidur hingga kamar mandi. Mengunjungi rumah juga bisa dilakukan.

Baca Juga: Ingin Investasi Rumah, Ini 5 Cara Naikkan Harganya

2. Pertimbangkan mengenai jarak tempuh dan aksesbilitas dari rumah ke tempat kerja, atau fasilitas dan lokasi lainnya. Serta, waktu pencapaian yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi tertentu dengan mudah.

3. Perhatikan faktor lingkungan fisik dan sosial. Lingkungan fasilitas yang dibangun di lingkungan sekitar.

Baca Juga: Mau Beli Rumah dengan KPR, Simak Dulu 8 Prosesnya

Kondisi lingkungan biasanya dihubungkan dengan adanya taman, atau tempat terbuka sebagai prasarana penunjang. Sementara, pertimbangan sosial lebih cenderung pada kondisi tetangga sekitar rumah.

4. Cek kondisi finansial yang biasanya mencerminkan ekonomi makro dan keadaan pasar. Dampaknya, cukup besar juga terhadap kebutuhan rumah tinggal seperti tingkat bunga hingga nilai jual kembali.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini