Daftar Usaha yang Berpotensi Cuan saat Ekonomi di Ambang Resesi

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 09 Agustus 2020 10:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 09 320 2259233 daftar-usaha-yang-berpotensi-cuan-saat-ekonomi-di-ambang-resesi-WgNskzsuq9.jpg Ekonomi RI (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Bayang-bayang resesi ekonomi Indonesia bukan berarti kita harus berpasrah diri. Karena sebenarnya ada beberapa peluang yang bisa dimanfaatkan meskipun ekonomi di ambang resesi.

Salah satunya adalah membuka usaha baru untuk menambah penghasilan. Namun, tidak semua jenis usaha yang bisa moncer saat ekonomi sedang diselimuti ketidakpastian ini.

Baca Juga: Aman Enggak Buka Usaha saat Ekonomi Terancam Resesi? 

Apalagi dengan adanya pandemi virus corona, yang membuat jenis usaha tertentu saja yang akan moncer. Oleh karena itu, sebelum membuka usaha, perlu dilakukan pengkajian secara matang agar keuangan tidak semakin buntung.

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan, ada beberapa jenis usaha yang bisa menjadi pilihan karena menguntungkan. Pertama adalah produk-produk yang defensif dan dibutuhkan banyak orang.

"Kalau yang aku perhatiin sekarang pastinya produk-produk yang defensif. Artinya mau keadaan resesi pun artinya orang orang akan terus nyari apalagi berbentuk barang barang kebutuhan sehari-hari," ujarnya saat dihubungi Okezone, Minggu (9/8/2020).

Baca Juga: Peluang Usaha di Tengah Ancaman Resesi 

Andi menambahkan biasanya produk-produk seperti ini menyangkut hajat hidup orang banyak seperti makanan. Di saat pandemi seperti ini, makanan beku (frozen food) atau rumahan menjadi salah satu yang potensial.

Tak hanya itu, bisnis pesan antar sayuran juga bisa menjadi salah satu yang memiliki potensi besar. Karena saat ini, meskipun Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah dilonggarkan, tapi masyarakat masih takut untuk keluar rumah.

"Biasanya lagi lebih spesifik makanan. Pasar frozen food naik tajam karena orang orang cenderung nyetok makanannya dalam bentuk yang frozen-frozen seperti itu. Atau mungkin layanan kayak model cathering seperti itu atau layanan antar sayuran segar. Orang orang cenderung memilih dan yang berkembang adalah bisnis bisnis seperti itu," jelasnya.

Selain itu, bisnis voucher pulsa dan internet juga menjadi salah satu potensi bisnis yang cukup besar. Mengingat, saat ini hampir sebagian perkantoran dan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara virtual atau online.

"Misalnya yang sudah lama ada misalnya kaya voucher pulsa seperti itu karena mau enggak mau orang akan terus nyari juga kan," kata Andi. (dni)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini