Besok Pidato Nota Keuangan, Jokowi Diminta Keluarkan Jurus Anti-resesi

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 13 Agustus 2020 12:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 13 20 2261534 besok-pidato-nota-keuangan-jokowi-diminta-keluarkan-jurus-anti-resesi-4EUKlfY24N.jpg Presiden Jokowi (Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi ) akan memberikan pidatonya pada nota keuangan yang akan digelar pada Jumat (14/8/2020). Adapun, pidato yang bakal disampaikan oleh Jokowi mengenari Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2021.

Ekonom Indef Bhima Yudistira menekankan agar yang disampaikan harus mengutamakan pemulihan ekonomi dalam mengambil kebijakan luar biasa dalam menghindari resesi yang sudah didepan mata.

 Baca juga: Ekstra Keras Hindari Jurang Resesi, Ekonomi Bisa Hancur

"Terkait upaya untuk pemulihan ekonomi yang membutuhkan kebijakan extraordinary. Karena resesi semakin dalam di kuartal ke III-2020 dan berisiko berlanjut di 2021," kata Bhima saat dihubungi, Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Dia melanjutkan dalam pidatonya itu harus mencakup perluasan bansos ke masyarakat kelas menengah selain dari subsidi gaji bisa juga serta banyuan langsung tunai untuk pelaku umkm yang terdampak.

 Baca juga: Inggris Resesi, Apa Dampaknya ke Indonesia?

"BLT apa saja yang harus diterima dan harus merata," jelasnya.

Dia menambahkan dari sisi pengembangan SDM juga penting digarisbawahi. Dalam situasi pandemi terjadi booming ekonomi digital dan membutuhkan sumber daya manusia (sdm) yang berkualitas.

"Maka kebijakan fiskal tahun 2021 juga perlu menopang pengembangan sdm dengan tambahan alokasi dana pendidikan," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini