Jika Dunia Usaha Bangkrut, Ekonomi Indonesia Akan Semakin Parah

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 16 Agustus 2020 07:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 16 20 2262935 jika-dunia-usaha-bangkrut-ekonomi-indonesia-akan-semakin-parah-pUDhJyQN8b.jpg Ekonomi RI Minus pada Kuartal II-2020. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Pemerintah diminta waspada terhadap ekonomi Indonesia di kuartal-III 2020. Apalagi pada kuartal-II pertumbuhannya minus hingga 5,32%.

Ekonom Core Indonesia Piter Abdullah mengatakan, hal yang mesti diwaspadai saat ini adalah dunia usaha. Bila usaha lesu dan berujung kebangkrutan, maka dipastikan pemulihan ekonomi Indonesia pasca resesi akan berlangsung lama.

“Kalau dunia usaha masih bertahan ketika wabah berakhir maka recovery akan bisa cepat Dilakukan. Kalau dunia usahanya sudah bangkrut duluan selama wabah, pemulihan akan berlangsung lama,” ujarnya saat dihubungi, Minggu (16/8/2020).

Baca Juga: Indonesia Disebut Sudah Resesi, Cek 5 Faktanya

Selain itu, faktor lain yang memengaruhi pemulihan ekonomi di Tanah Air, seberapa cepat wabah virus corona ini berakhir? Semakin cepat maka bisa dipastikan geliat perekonomian akan kembali pulih.

“Pemulihannya bergantung wabahnya kapan selesai. Kedua, kondisi dunia usaha ketika wabah berakhir,” kata Piter.

Baca Juga: Waspada! Ekonomi Indonesia 2021 Bisa Minus Lagi jika...

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ada kemungkinan Indonesia terperosok ke jurang resesi pada kuartal-III 2020. Namun, kini pihaknya sedang berupaya sekuat tenaga agar Indonesia tak dilanda resesi.

Diketahui, pada kuartal-II menunjukkan pertumbuhan ekonomi sudah minus 5,32%. Sementara, negara dinyatakan resesi jika mengalami minus selama dua kuartal berturut-turut atau lebih.

“Kemungkinan resesi itu ada saja, tapi kita juga harus optimis. Kalau sekarang minus 5,32, sekarang kita kerja keras betul-betul, kalau bisa nol,” kata Luhut saat menghadiri Rakornas Apindo 2020 secara virtual, kemarin.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini