OJK Gandeng YouTuber hingga Influencer Tingkatkan Inklusi Keuangan

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2020 20:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 19 20 2264716 ojk-gandeng-youtuber-hingga-influencer-tingkatkan-inklusi-keuangan-nNgjNkYsds.jpg OJK Dorong Literasi dan Inklusi Keuangan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menggandeng para influencer untuk mengajak masyarakat dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan melalui media sosial. Terlebih saat pandemi virus corona dibutuhkan jalur daring untuk memikat masyarakat dan memahami keuangan digital.

Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kristianti Puji Rahayu mengatakan, sosialisasi dengan pendekatan komunal terbilang efektif di era pandemi sekarang ini.

Baca Juga: OJK Gelar Upacara Kemerdekaan RI Ke-75 Secara Virtual Diikuti Seluruh Pegawai

"Melalui medsos seperti influencer. Kita menggunakan lokal-lokal influencer. Kita mendekati komunal, sentuh hatinya," kata Kristianti dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (19/8/2020).

Menurutnya, pada influencer akan selalu menggunakan bahasa-bahasa yang mudah dimengerti oleh kalangan millenial. "Tapi selalu pakai Bahasa Indonesia. Ini yang akan kita lakukan sehingga sosialisasi tidak mandek karena kita melakukan sosialisasi dengan menggunakan kanal-kanal yang sesuai saat ini," ujarnya.

Baca Juga: 75 Tahun Indonesia Merdeka, 10 Masalah Ekonomi Ini Perlu Diatasi

Dia menyatakan, ketika pandemi, frekuensi literasi dan inklusi keuangan kepada masyarakat justru makin meningkat.

“Pandemi ini seperti membuka mata kita. Kita harus melirik cara-cara lain. Sebelumnya sosialisasi dan edukasi dilakukan face to face. Nah ini rasanya enggak akan pernah cukup, baik sumber daya manusia maupun biayanya. Akan kecapekan sendiri. Pandemi ini memberikan pembelajaran ada metode yang lebih cocok," ujarnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini