Para Bos Bank Sentral Se-Asia Timur dan Pasifik Bertemu, Ini yang Dibahas

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 25 Agustus 2020 05:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 24 20 2266650 para-bos-bank-sentral-se-asia-timur-dan-pasifik-bertemu-ini-yang-dibahas-J4iNlGJUFv.jpg Perbankan (Shutterstock)

JAKARTA - Para Gubernur Bank Sentral Negara di Asia Timur dan Pasifik yang tergabung dalam EMEAP menyampaikan berbagai respons kebijakan oleh bank sentral di kawasan telah membantu mengurangi tekanan terhadap perekonomian dan pasar keuangan. Terutama yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Pery Warjiyo mengatakan komunikasi yang proaktif antara bank sentral dengan berbagai otoritas, masyarakat, dan pelaku industri juga telah membantu kelancaran implementasi kebijakan.

"Para Gubernur Bank Sentral EMEAP juga bertukar pandangan mengenai strategi kebijakan ke depan di tengah perkembangan pandemi dan perekonomian global yang masih diliputi ketidakpastian," kata Perry.

Secara khusus, para Gubernur sependapat bahwa terdapat tantangan kebijakan dalam upaya menciptakan keseimbangan antara dukungan terhadap pemulihan ekonomi dan upaya menjaga resiliensi sektor perbankan. Bank Indonesia menyampaikan rangkaian inisiatif kebijakan yang telah diambil untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan serta mendukung pemulihan ekonomi Indonesia.

"Bank Indonesia terus mengintensifkan koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait, serta melakukan komunikasi publik secara proaktif," katanya.

Baca selengkapnya: Bos BI dan Gubernur Bank Sentral Asia Ungkap Strategi Lawan Covid-19

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini