Cerdas, Ibu Rumah Tangga Raup Cuan dari Tanaman Hias

Taufan Mustafa, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 455 2270293 cerdas-ibu-rumah-tangga-raup-cuan-dari-tanaman-hias-iJfRdOgfAP.jpg Tanaman Hias (Foto: Taufan/Okezone.com)

 ACEH BESAR - Ibu rumah tangga di Aceh Besar ramai-ramai disibukkan dengan tren merawat tanaman hias dan langka dengan memanfaatkan pekarangan rumah sebagai bisnis tanaman hias.

Selain untuk mempercantik hunian, tanaman hias ini bisa dijadikan pundi-pundi rupiah karena nilai penjualannya meningkat selama pandemi Covid-19.

Salah satu ibu rumah tangga yakni Rizkatul Qubra, mengakui hobi merawat tanaman hias telah lahir karena kebiasaan keluarga besarnya yang menyukai tanaman hias. Baginya, merawat tanaman bisa membuat hunian terlihat lebih segar dan dapat menghasilkan uang, sekaligus menghilangkan kepenatan selama beraktivitas di rumah saja.

Baca Juga: Transformasi Ekonomi, Menko Luhut: UMKM Jangan Hanya Jual Makanan dan Pakaian Saja

Selama dirumahkan dari tempat kerja, Rizka mengaku mengembangkan bisnis tanaman hias untuk menghasilkan pendapatan selama pandemi Covid-19 ini.

Rumah huniannya yang berada di Jalan Ujong Pancu tersebut dipenuhi dengan bunga-bunga langka dan lokasi yang terlihat langsung jika melintasi jalan tersebut, membuat kaum ibu-ibu kerap mampir untuk melihat dan membeli tanaman yang dijualnya.

Seorang pembeli tanaman hias dari rumah Rizka mengatakan, saat ini sedang musimnya tanam bunga, sehingga ada banyak koleksi yang paling diburu dan diminati, di antaranya aglonema seperti red anjamani, suksom, wulandari, dan goliath.

taman

Rizka mengatakan, untuk menghemat biaya, dirinya memanfaatkan kau hutan dan pupuk kompos yang dikelolanya sendiri agar tanaman hias terawat dengan baik dan hunian tetap asri.

Baginya, dia memanfaatkan masa meningkatnya penjualan selama pandemi Covid-19 untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Harganya pun dipatok dengan harga bervariasi, yakni dari Rp10.000 hingga Rp1 juta, tergantung dengan jenis yang diminati.

Selain berjualan di rumah, dirinya juga memanfaatkan media sosial serta berjualan di lokasi wisata untuk menambah penghasilan, terutama berjualan saat di akhir pekan.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini