5 Tips Manfaatkan Ruang Bawah Tangga, Bisa Menunjang Estetika Ruangan

Safira Fitri, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 22:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 470 2270156 5-tips-manfaatkan-ruang-bawah-tangga-bisa-menunjang-estetika-ruangan-Hx5y4QjM5q.jpg Tangga Rumah (Foto: Gandswoodfloors)

JAKARTA - Ruang bawah tangga sering kali terabaikan begitu saja, biasanya dikosongkan begitu saja atau digunakan untuk ruang menumpuk benda-benda yang tidak terpakai. Alhasil, sudut ruang bawah tangga juga sering terlihat berantakan.

Alangkah baik jika penghuni memanfaatkan ruang bawah tangga dengan maksimal. Selain menjaga estetika, ruang juga memiliki fungsi khusus.

Berikut adalah sejumlah tips memanfaatkan ruang bawah tangga seperti dilansir dari buku "34 Inspirasi Ruang Bawah Tangga" oleh Ir. Lubab, MT, Ira Humairo, Rizky Ananda Putri Inaray, Jakarta, Senin (31/8/2020).

Baca juga: Bingung Punya Ruang di Bawah Tangga untuk Apa, Begini 6 Cara Menyiasatinya

Pertama, perhatikan kebutuhan rumah. Kedua, perhatikan lokasi tangga, selaraskan antara fungsi ruang bawah tangga dengan posisi tangga, misalnya seperti apakah taman dalam ruang dengan kolam ikan akan cocok jika tangga bersebelahan dengan kamar?

Bentuk lemari apa yang cocok diletakkan di ruang bawah tangga? Apakah penutupnya menggunakan tirai, kayu, atau cermin agar berkesan luas? Apakah ruang bawah tangga dapat ditempatkan rak buku jika lokasi berdekatan dengan kamar mandi?

Baca juga: Ciptakan Ruang Keluarga Nyaman tapi Stylish, Kap Lampu Jadi Solusi

Ketiga, jika ruang di bawah tangga sempit, jangan ragu berkreasi. Ada beragam ide untuk diaplikasikan di ruang tersebut. Cermati bagian lain di rumah yang tampak kurang rapi pengorganisasiannya.

Misalnya, rak-rak buku sudah terisi penuh dengan buku dan tidak memungkinkan untuk diisi buku lagi, ruang bawah tangga dapat difungsikan sebagai ruang tambahan.

Keempat, perhatikan pencahayaan pada ruang bawah tangga, agar nyaman saat beraktivitas. Kelima, selaraskan bahan yang digunakan dengan bahan konstruksi tangga.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini