Punya Rumah Mungil, Pintar-Pintar Pilih Furnitur Multifungsi

Safira Fitri, Jurnalis · Selasa 01 September 2020 11:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 470 2270693 punya-rumah-mungil-pintar-pintar-pilih-furnitur-multifungsi-8vJJhYGcrv.jpg Pilih Furnitur yang Tepat Supaya Rumah Terlihat Nyaman. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Lahan sempit selalu jadi kendala mengekspresikan suatu konsep perancangan interior sesuai yang diinginkan. Di sisi lain, hal ini justru merupakan tantangan menarik berkreativitas di rumah.

Salah satu trik yang bisa dilakukan bila lahan rumah tidak luas adalah memilih dan menata furnitur dengan tepat. Tujuannya rumah terlihat tertata meski sempit.

Berikut ini beberapa tips langkah praktis dalam menata interior di ruang yang sempit seperti dilansir dari buku "Agar Ruang Berkesan Luas" oleh Bayu Ismaya, Jakarta, Selasa (1/9/2020).

1. Kenali Sifat dan Karakteristik Ruang

Langkah awal yang perlu diperhatikan sebelum memilih dan menata furnitur adalah mengenal sifat dan karakteristik ruang yang akan ditata furniturnya. Sifat dan karakteristik ruang yang perlu diperhatikan tersebut antara lain ukuran, fungsi ruang (merupakah ruang tunggal atau multifungsi).

Baca Juga: 4 Cara Buat Ruang Kerja di Rumah, Jangan Lupa Pencahayaan

Selain itu, akses masuk dan keluar beserta sirkulasinya, jumlah dan lebar bukaan, batas-batas permanen dan nonpermanen yang membentuk ruang, serta material, finishing, dan detil-detil lain yang lebih spesifik dan beragam pada setiap ruang.

2. Tentukan Tema dan Konsep Furnitur

Langkah berikutnya adalah menentukan tema dan konsep yang ingin dihadirkan pada ruang sempit tersebut. Konsep terpenting dalam pemilihan dan penataan furnitur adalah yang berkesan ringan, baik dalam bentuk maupun sirkulasinya.

Baca Juga: Rumah Mungil Terlihat Luas dengan Pintu Geser

Sedangkan untuk tema yang dapat dipilih pun bisa beragam, dari yang tradisional sampai dengan yang futuristik. Namun, apabila memilih tema tradisional, disarankan untuk dimodifikasi ke arah yang lebih ringan dan praktis.

3. Pilih Furnitur Sesuai Tema

Jika sudah ada tema dan konsep yang dipilih maka kedua kegiatan tersebut bisa dijalankan secara bersamaan. Ini disebabkan, untuk membentuk ruang berkesan luas, konsep yang dipilih harus ringan dan praktis serta furnitur berkesan ringan dari segi bentuk, bahan, warna, dan teksturnya.

Bentuk yang ringan dapat diperoleh dari tampilan massa furnitur secara keseluruhan. Namun, tidak harus digunakan furnitur yang massanya kecil dan mungil, furnitur besar pun bisa dibuat ringan dan tidak mendominasi ruangan jika pemilihan desain, material, dan warnanya tepat.

4. Pilih Furnitur Multifungsi

Keterbatasan ruang menyebabkan semakin tidak leluasanya penghuni melakukan kegiatan dan menyimpan barang. Untuk itu dibutuhkan suatu desain ruang dan furnitur alternatif untuk menampung semua dengan mengacu pada tingkat kepraktisan dan kebutuhannya.

5. Tata Furnitur Pada Ruang

Selain pemilihan furnitur-furnitur di atas, konfigurasi atau penataan elemen furnitur pada ruang akan mempengaruhi atmosfer ruang secara keseluruhan. Konfigurasi furnitur juga akan berpengaruh terhadap akses, sirkulasi, dan kenyamanan ruang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini