Indonesia Bayar DP Vaksin Covid-19 Rp3,3 Triliun

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 04 September 2020 20:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 04 320 2272831 indonesia-bayar-dp-vaksin-covid-19-rp3-3-triliun-ZTY8dsb8Uu.jpeg Waspada Virus Corona. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan, pemerintah saat ini tengah menyiapkan dana mencapai Rp3,3 triliun, yang akan dialokasikan untuk membayar uang muka pemesanan vaksin Covid-19.

Adapun, anggaran Rp3,3 triliun itu merupakan dana awal untuk kebutuhan vaksin Covid-19, yang dianggarkan dengan total mencapai Rp37 triliun melalui penganggaran tahun ganda.

Baca Juga: Masyarakat Bisa Imunisasi Vaksin Covid-19 Akhir Tahun?

"Terkait vaksin, sudah tersedia dan diharapkan untuk down payment tahun ini Rp3,3 triliun. Seluruh dana yang disiapkan adalah Rp37 triliun untuk program multiyears," kata Airlangga di Jakarta, Jumat (4/9/2020).

Selain itu, Airlangga juga menjelaskan bahwa dalam rapat yang digelar sore tadi bersama sejumlah Kementerian/Lembaga terkait, seperti misalnya Erick Thohir, Tito Karnavian, Doni Monardo dan jajarannya, adalah demi membahas tindak lanjut dari rapat sebelumnya.

Yakni terkait usulan program PEN, baik di tataran pusat, daerah, serta di Kementerian/Lembaga, bisa segera diselesaikan. Airlangga meminta agar seluruh realokasi anggaran diselesaikan dalam minggu ini.

Baca Juga: Vaksin Merah Putih Belum Didaftarkan ke WHO

"Sehingga pekan depan sudah final," ujar Airlangga.

Terkait dengan anggaran, lanjutnya, dari pihak Kementerian Keuangan sudah mencatat perubahan-perubahan yang dilakukan oleh tiap K/L. Sehingga total anggaran yang sudah dialokasi dari Rp695 triliun adalah Rp679 triliun.

"Jadi hampir seluruh program terpakai dan masih ada satu minggu mendetailkan yang perlu tambahan," tandasnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini