Pemerintah Anggarkan Rp37 Triliun untuk Beli Vaksin Covid-19

Dita Angga R, Jurnalis · Senin 07 September 2020 13:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 320 2273756 pemerintah-anggarkan-rp37-triliun-untuk-beli-vaksin-covid-19-zFyTTESCfL.jpg Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Okezone)

JAKARTA - Pemerintah memastikan bahwa pengadaan vaksin akan menjadi program prioritas tahun depan. Seperti diketahui saat ini Indonesia telah melakukan kerjasama dengan negara lain dalam pengadaan vaksin. Selain itu juga dikembangkan vaksin Merah Putih.

“Yang pertama tentu pengadaan daripada vaksin itu sendiri. Karena pengadaan vaksin ini beberapa perusahaan sudah mempersiapkan yaitu vaksin merah putih dipimpin oleh Kemenristek BRIN bersama Lembaga Eijkman,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi persnya, Senin (7/9/2020).

 Baca juga: Menko Airlangga Sebut Angka Kesembuhan Covid-19 di RI Lebih Tinggi dari Global

“Kemudian Bio farma yang telah melakukan kerjasama tadi dilaporkan juga terkait dengan Sinovac yang juga menyiapkan 290 juta. Dan juga yang dari G42 itu menyiapkan 30 juta di tahun ini,” ujarnya.

Dia mengatakan Kementerian Kesehatan juga akan menyiapkan untuk operasional vaksinasi di awal tahun depan. “Kementerian Kesehatan juga akan menyiapkan untuk operasionalisasi daripada vaksinasinya yang diperkirakan bisa dimulai di awal tahun dengan masuknya 30 juta vaksin diharapkan di akhir tahun ini,” tuturnya.

 Baca juga: Indonesia Bayar DP Vaksin Covid-19 Rp3,3 Triliun

Airlangga memastikan bahwa anggaran untuk vaksin tidak hanya untuk tahun depan tapi juga multiyears.

“Dan pemerintah sudah menyiapkan dana untuk tahun ini sebesar Rp3,8 triliun. Dan tahun depan secara multiyears ada Rp37 triliun,” ungkapnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini