Krisis Ekonomi Jadi Sasaran Empuk Penumpang Gelap, Apa Maksud BPK?

Safira Fitri, Jurnalis · Rabu 09 September 2020 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 320 2274557 krisis-ekonomi-jadi-sasaran-empuk-penumpang-gelap-apa-maksud-bpk-HaY8DmfD9j.jpg Penanganan Covid-19 Rawan Penyalahgunaan Wewenang. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menilai keleluasaan wewenang dalam menangani virus corona memungkinkan terjadinya risiko. Salah satu munculnya penumpang gelap yang memanfaatkan situasi kedaruratan pandemi saat ini.

“Namun pada saat yang sama, BPK mengambil sikap terkait risiko yang senantiasa timbul dalam setiap krisis. Bukti empiris menunjukkan bahwa krisis adalah sasaran empuk bagi para penumpang gelap yang melakukan kecurangan,” ujar Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agung Firman Sampurna.

Dirinya mengungkapkan, kebijakan tersebut memberikan kewenangan luas kepada pemerintah untuk mengambil langkah luar biasa.

BPK, sebagai lembaga negara dengan mandat konstitusional memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, sangat memahami sikap dan kebijakan pemerintah.

Baca Selengkapnya: BPK Akui Penanganan Covid-19 Rawan Terjadi Penyalahgunaan Kekuasaan

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini