Saatnya Bangun, Jumlah Pengusaha Indonesia Tertinggal Jauh dari Negara Tetangga

Ferdi Rantung, Jurnalis · Selasa 08 September 2020 17:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 455 2274550 saatnya-bangun-jumlah-pengusaha-indonesia-tertinggal-jauh-dari-negara-tetangga-5gzOIEKy4b.jpeg Jumlah Pengusaha (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pengusaha Sandiaga Uno mengatakan, 99% ekonomi Indonesia digerakan oleh para entrepreneurship usaha kecil, mikro dan ultra mikro. Namun sayangnya, kata Sandi, entrepreneurship UKM di Indonesia masih ketinggalan dibandingkan negara Asean lainnya.

"Singapura sudah 7%, Malaysia sudah 6%, Thailand sudah 5%, sedangkan Indonesia masih di bawah 3%," katanya dalam Webinar bertajuk Wirausaha sebagai Garda terdepan untuk kebangkitan Ekonomi Indonesia, Selasa (8/9/2020)

Baca Juga: Tak Semua UMKM Bisa Masuk Pasar Digital 

Dia menjelaskan, rendahnya angka itu tercermin dalam nilai transaksi penjualan online atau e-commerce di Indonesia yang mencapai USD21 miliar, namun masih didominasi oleh transaksi impor.

"Transaksi di e-commerce masih didominasi impor yang berasal dari China. Dengan kondisi ini, maka kita harus bangun dari tidur nyenyak kita " jelasnya.

Untuk mengatasi hal itu, menurut Sandi, generasi emas atau muda perlu dapat sentuhan kewirausahaan. Agar transaksi perdagangan dalam negeri terisi oleh produk dalam negeri.

"Ini merupakan solusi di tengah pandemi, untuk itu kita harus beli dan bangga produk buatan Indonesia. Hal ini juga bisa membuat ekonomi jadi lebih mandiri," tandasnya

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini