Efek WFH, Sektor Telekomunikasi Jadi Pendorong Ekonomi saat Covid-19

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 12 September 2020 12:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 12 320 2276663 efek-wfh-sektor-telekomunikasi-jadi-pendorong-ekonomi-saat-covid-19-YYJWRhl6Gr.jpg Ekonomi Digital (Shutterstock)

JAKARTA - Pandemi virus corona membuat perekonomian Indonesia berada di ambang resesi. Sebab, hampir semua sektor penunjang perekonomian di dalam negeri terganggu kinerjanya.

Namun ternyata, ada salah satu sektor pendorong perekonomian yang justru terus mengalami pertumbuhan. Adalah sektor teknologi informasi dan komunikasi.

 Baca juga: Menko Airlangga Ungkap Fakta Keterisian RS Covid-19, Masih Aman?

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (Dirjen PPR) Kementerian Keuangan Luky Alfirman mengatakan, kebijakan Work From Home (WFH) membuat konsumsi internet juga meningkat. Oleh karena itu, sektor pertumbuhan ekonomi yang satu ini masih sangat tinggi dibandingkan yang lainnya.

Hanya saja dirinya tidak merinci berapa persen pertumbuhan sektor teknologi informasi dan komunikasi ini selama pandemi berlangsung. Termasuk juga seberapa besar kontribusi dari teknologi informasi pada perekonomian Indonesia.

 Baca juga: Tenang, Ada Dana Cadangan Pemulihan Ekonomi Rp15,8 Triliun di 2021

"Sektor pertumbuhan ekonomi yang masih tinggi itu sektor teknologi informasi dan komunikasi," ujarnya dalam sebuah diskusi virtual, Sabtu (12/9/2020).

Menurut Luki, tantangan pemerintah dalam mengelola keuangan saat pandemi ini memang lebih tinggi. Karena pendapatan negara berkurang karena perpajakan juga menurun drastis.

"Dalam kondisi seperti ini biaya pajak menurun, pembiayaan tadi jauh berlipat," ucapnya.

Sementara itu, pemerintah harus tetap menjaga agar dunia usaha dan masyarakat tetap produktif. Oleh karena itu, pemerintah pun menggelontorkan banyak sekali insentif untuk mendorong perekonomian.

"Kita berikan bansos kepada masyarakat yang terdampak. Kita juga berusaha memberikan bantuan support kepada dunia usaha itu membutuhkan upaya dan biaya," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini