Varietas Menjanjikan, Pepaya California Menguntungkan Petani

Ahmad Syaiful, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 22:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 455 2278596 varietas-menjanjikan-pepaya-california-menguntungkan-petani-yiYbJxgJ1y.jpg Pepaya (Foto: Shutterstock)

BANYUASIN - Buah pepaya varietas California menjadi salah satu jenis yang sedang digandrungi saat ini dan mulai banyak dibudidayakan oleh petani. Sebab, pepaya jenis ini sangat menjanjikan dijadikan andalan dalam bercocok tanam. Bentuk yang lonjong dan kulit yang tebal, bila matang rasanya manis.

Seperti petani sayuran asal Desa Tirtosari yaitu Sukijah dan Muhadi, meski tidak memiliki lahan yang begitu luas, keduanya menanam sekitar 500 pohon pepaya California. Diketahui, termasuk buah jenis unggul, dengan pohon lebih pendek dibanding dari jenis pepaya lain, pohon pepaya California memiliki tinggi berkisar 2 meter.

Baca Juga: Lagi Pandemi Covid-19, Usaha Mahar Pernikahan Justru Ramai Dicari Calon Pengantin

Selain itu, buah sudah dapat dipanen pada usia 7 bulan. Dengan ketahanan varietas selama usia 4 tahun, dalam satu bulan bisa dipanen hingga 4 kali dan menghasilkan 2 hingga 3 buah pada setiap pohonnya.

Awal mula mencoba budidaya pepaya California, Sukijah dan Muhadi mencobanya sebagai tanaman sambilan, namun ternyata pepaya California memberikan dampak baik bagi keduanya, yakni menghasilkan panen yang cukup lumayan dan mudah dalam penjualan.

Baca Juga: Pria Lulusan S2 Jadi Tukang Cukur, Dibayar Seikhlasnya

Pasalnya, pepaya California memiliki rasa manis alami dengan daging buah yang tebal dan lembut. Dengan dibanderol harga Rp4.000 per kilogram, Sukijah mampu menjual hingga 100 kilogram setiap panen.

Karena merasa menjanjikan, Sutijah berencana akan melebarkan penanaman pepaya California sebagai ladang penghasilan keluarganya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini