Cara Manfaatkan Pelatihan Prakerja untuk Buka Bisnis Baru

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 455 2279169 cara-manfaatkan-pelatihan-prakerja-untuk-buka-bisnis-baru-bwBKPsX5ye.jpg Kartu Prakerja untuk Bantu Mencari Kerja. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah menyediakan program Kartu Prakerja kepada para pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat virus corona. Lewat program ini, para korban PHK akan mendapatkan pelatihan secara online dan juga insentif.

Menurut Perencana Keuangan Andi Nugroho, pelatihan yang didapat dari program Kartu Prakerja harus dimanfaatkan untuk menambah kemampuan sehingga bisa mencari pemasukan baru. Termasuk juga jika ingin membuka usaha baru.

Baca Juga: Manfaatkan Pelatihan Kartu Prakerja untuk Buka Usaha Baru

Salah satu skill yang bisa digunakan bagaimana cara memasarkan produk lewat digital. Karena saat ini, hampir semua bisnis mulai beralih ke arah digital.

"Jadi kalau menurutku skill yang paling utama yang harus kita kuasai adalah digital marketing," ujarnya saat dihubungi Okezone, Kamis (17/9/2020).

Skill digital marketing ini sangat berguna bagi mereka yang ingin memulai bisnis. Apalagi bagi mereka yang ingin membuka usaha baru dengan menjadi reseller suatu produk.

Baca Juga: Roti Garlic Cheese Lagi Trending, Pemilik Toko Baju Ini Auto-Banting Setir dan Terbukti Untung

"Kita bisa lakukan paling tidak enggak kosong sama sekali bisa menjadi reseller berbisnis kecil-kecilan," ucapnya.

Menurut Andi, skill digital marketing yang harus dipelajari dari pelatihan itu tidak perlu terlalu dalam. Yang penting dasar dari ilmu digital marketing ini bisa dipahami oleh peserta.

Sebagai contohnya, bagaimana membuat kata-kata jika ingin memasarkan produk lewat pesan singkat seperti Whatsapp. Atau juga bisa juga mempelajari cara bagaimana membuat postingan media sosial yang menarik dan bisa dilihat oleh orang banyak.

Atau jika belum memiliki keinginan untuk membuka usaha baru sendiri, bisa juga dengan menjual jasa. Seperti jasa untuk mendesain atau menjadi admin sosial media suatu produk.

"Dalam artian jangan berpikir repot-repot saya harus bisa mendesain atau membuat sebuah website. Enggak. Jadi gimana caranya texting WhatsApp yang menarik atau membuat sosial media yang menarik yang buat orang menjadi kepo. Itu kan skill yang layak kita miliki saat ini. Kalau orientasinya kita ingin memanfaatkan jasa," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini