Ambil Momentum Covid-19, Jokowi Ingin 'Instal Ulang' Ekonomi Desa

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 24 September 2020 12:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 24 320 2282963 ambil-momentum-covid-19-jokowi-ingin-instal-ulang-ekonomi-desa-Mt4HDNKLg2.jpg Presiden Jokowi (Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan pandemi virus Corona atau Covid-19 harus dilihat sebagai momentum untuk menginstal ulang perekonomian desa. Perekonomian desa harus direformasi agar kehidupan warga lebih sejahtera.

"Saya ingin menegaskan lagi bahwa pandemi yang tengah kita hadapi harus menjadi sebuah momentum untuk menginstal ulang, memperbaiki lagi dan juga melakukan reform mengenai strategi besar dalam transformasi ekonomi desa," ujar Jokowi dalam rapat terbatas "Percepatan Peningkatan Ekonomi Desa" secara virtual, Kamis (24/9/2020).

 Baca juga: Jokowi Siap Upgrade Kemampuan Masyarakat Desa untuk Ekonomi RI

Jokowi menuturkan pandemi corona tak hanya menghantam perkotaan, terapi juga pedesaan. Oleh karena itu desa juga turut terdampak wabah ini sehingga butuh perhatian serupa.

Selain itu, Jokowi juga melihat adanya arus balik perpindahan penduduk dari kota ke desa akibat pandemi corona ini. Karena para pendatang di kota terdampak perekonomiannya, maka ia kembali ke desa. Fenomena ini kata Jokowi disebut ruralisasi.

 Baca juga: Pak Jokowi, Pengusaha Ngeluh Kondisi Sulit Birokrasi Jangan Dipersulit

"Jadi bukan urbanisasi tetapi ruralisasi," pungkasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini