Dear UMKM, Bisnis Mau Tetap Eksis saat Resesi? Begini Caranya

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 24 September 2020 19:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 24 455 2283254 dear-umkm-bisnis-mau-tetap-eksis-saat-resesi-begini-caranya-pv4iixnZj0.jpg Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diminta untuk memanfaatkan pasar daring atau e-commerce dalam memasarkan produknya di tengah pandemi Covid-19, sehingga, kelompok usaha itu dapat terus eksis meski nanti Indonesia mengalami resesi.

"Di mana akan membantu UMKM untuk bisa berjuang kembali. Tidak perlu dengan modal sendiri karena sudah banyak platform yang bisa membantu," kata Analis MNC Sekuritas M Rudi Setiawan dalam diskusi secara daring, Kamis (24/9/2020).

Salah satu jenis usaha yang dinilai akan tetap diminati adalah berjualan produk makanan dan minuman. Sebab, keduanya merupakan kebutuhan primer dari setiap insan.

"Masih banyak di food and beverage karena dengan adanya pandemi sendiri lebih mengutamakan setidaknya bisa makan dulu. Dari sisi makan dan minum untuk bisnis di bidang tersebut," katanya.

Dia menjelaskan, dengan semakin banyak seseorang yang menjual makanan dan minuman itu diharapkan dapat mengembalikan gairah dunia usaha UMKM. Selain itu bisa meningkatkan tingkat konsumsi masyarakat.

"Tolok ukur PDB dari sisi konsumsi itu 50% dari struktur PDB indonesia. Bisnis-bisnis UMKM itu yang akan membantu sisi pemerintah. Di mana konsumsi penopang PDB di Indonesia," ujarnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini