Segera Evaluasi Keuangan Sebelum Indonesia Resesi

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 24 September 2020 12:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 24 622 2282950 segera-evaluasi-keuangan-sebelum-indonesia-resesi-Q5dZFys4OS.jpg Tips Mengelola Keuangan selama Pandemi Virus Corona. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Indonesia terancam mengalami resesi karena pertumbuhan ekonomi pada kuartal III akan kembali minus. Masyarakat pun harus segera mengevaluasi pengelolaan keuangan selama ini.

Perencana Keuangan Safir Senduk mengatakan, pada masa pandemi biasanya orang-orang lebih memilih menahan uangnya dari belanja. Sebab masyarakat ingin mempersiapkan uangnya untuk kebutuhan yang lebih penting.

Baca Juga: Jangan Takut Resesi, Selalu Ada Peluang dalam Kesusahan

Hanya saja, katanya, hal tersebut bukan sesuatu hal yang mudah untuk dijalani. Sebab biasanya sering tergoda dengan penawaran promo yang dilakukan oleh para pengusaha baik secara offline maupun online.

"Oleh karena itu sekarang sekarang ini banyak orang yang belanja untuk menahan uang untuk hal-hal yang lebih besar mereka menahan uang gitu ya," ujarnya saat dihubungi Okezone, Kamis (24/9/2020).

Menurutnya, masyarakat harus menahan nafsu dan jangan tergoda dengan rayuan diskon tersebut. Apalagi sampai khawatir jika produk yang diinginkan tidak lagi diberikan harga diskon oleh pengusaha.

Baca Juga: Mau Investasi Saham Jelang Resesi, Aman Enggak Ya?

Diskon-diskon akan tetap tetap ada bahkan setiap bulannya. Hanya saja momen dan namanya saja yag akan berbeda menyesuaikan dengan apa yang sedang ramai saat itu.

Apalagi, turunnya daya beli masyarakat membuat para pengusaha menyiapkan beberapa strategi. Salah satu caranya dengan menebar promo-promo yang diharapkan bisa menarik minat masyarakat untuk belanja.

Sebagai salah satu contohnya adalah ketika bulan Agustus, maka promo yang ditawarkan adalah Kemerdekaan. Lalu pada bulan ini, ada promo yang diberi nama 9:9.

"Nanti penjual akan menemukan alasan baru untuk memberikan diskon lagi. Saat ini apa ? Diskonnya kemerdekaan, Minggu depan diskon apalagi," jelas Safir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini