5 Material Bertekstur Ini Bikin Suasana Rumah Jadi Lebih Hidup

Safira Fitri, Jurnalis · Jum'at 25 September 2020 22:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 470 2283602 5-material-bertekstur-ini-bikin-suasana-rumah-jadi-lebih-hidup-GFM9tpmKRh.jpeg Rumah (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Untuk membuat suatu ruangan lebih hidup, penghuni dapat memanfaatkan material dengan tekstur kasar yang dapat diolah sebagai salah satu unsur interior.

Material dengan tekstur juga memiliki fungsi untuk membangun fokus pada ruang, sehingga perhatian tamu dapat terpusat pada satu titik tersebut. Dengan ini, privasi keluarga pun dapat terjaga dengan baik.

Baca Juga: Cara Dekor Ruang Belajar Anak, Salah Satunya Kasih Rumus Einstein

Ada beberapa variasi tekstur yang dapat dimanfaatkan sebagai unsur interior di rumah, yakni sebagai berikut seperti dilansir dari buku A-Z Seputar Ruang Tamu oleh Putri Dwimirnani, Jakarta, Jumat (25/9/2020). 

Pertama, bata ekspos di dinding. Tekstur ini cocok untuk menghangatkan ruangan dengan tema natural. 

Kedua, wallcover. tekstur yang tidak terlalu kasar bisa juga dimanfaatkan di ruangan bergaya modern atau minimalis.

Baca Juga: Bingung Punya Ruang di Bawah Tangga untuk Apa, Begini 6 Cara Menyiasatinya

Ketiga, kain (fabric). Tekstur ini digunakan terutama di sofa, meskipun dapat juga ditempatkan sebagai hiasan dinding.

Keempat, kayu. Dalam hal ini, kayu yang digunakan dibiarkan tidak dihaluskan (diampelas) dan tak diberi finishing. Kayu bisa digunakan di dinding, lantai, plafon, maupun furnitur.

Kelima, adukan semen. Dengan teknik tertentu, ciptakan tekstur di dinding menggunakan semen. Untuk penyelesaiannya, bisa ditambahkan cat dinding.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini