Cuaca Ekstrem Bikin Tangkapan Ikan Nelayan Berkurang hingga 50%

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 27 September 2020 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 27 320 2284514 cuaca-ekstrem-bikin-tangkapan-ikan-nelayan-berkurang-hingga-50-Pow18TfSEs.jpg Cuaca Ekstrem Ganggu Nelayan Dalam Menangkap Ikan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebanyak 22 provinsi berpotensi diguyur hujan sedang sampai lebat disertai petir dan angin kencang pada 27-29 September 2020. Cuaca ekstrem pun membuat tangkapan ikan para nelayan menurun hingga 50%.

"Berdasarkan pengalaman, tangkapan turun sampai 50% lebih. Yang namanya bekerja dengan alam tentunya kondisi cuaca sangat berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan pendapatan nelayan," kata Koordinator Front Nelayan Bersatu Bambang Wicaksana saat dihubungi Okezone, Minggu (27/9/2020).

Baca Juga: Hujan Disertai Angin Kencang, 5 Bangunan Hunian Sementara di Bogor Ambruk

Dia menjelaskan, para nelayan pun tak akan berhenti melaut meski nantinya cuaca ekstrem melanda daerahnya. Sebab itu merupakan sumber satu-satunya mereka dalam menafkahi keluarganya di rumah.

"Menghadapi cuaca ekstrem, nelayan khususnya dengan kapal-kapal di atas 60 Gross Ton akan tetap melaut karena hanya ini satu-satunya keahlian mereka. Apabila terjadi ombak besar, mereka akan menepi di pulau terdekat sambil menunggu situasi membaik," ujarnya.

Baca Juga: 22 Provinsi Bakal Diguyur Hujan Lebat 3 Hari ke Depan, Berikut Daftarnya

Dia menambahkan, bagi nelayan yang memiliki kapal dengan kapasitas tidak besar, maka mereka akan memanfaatkan cuaca yang dinilai tak berbahaya.

"Pasti ada jeda atau istilahnya nyolong waktu di mana ombak tidak terlalu besar," kata dia.

Sebagai informasi, 22 provinsi tersebut yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara. Lalu Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini