Bos KAI Curhat Setiap Hari Cek Cash Flow, Masih Aman?

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Senin 28 September 2020 12:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 28 320 2284825 bos-kai-curhat-setiap-hari-cek-cash-flow-masih-aman-0ixoEeljL7.jpg HUT ke-75 Kereta Api Indonesia. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Manajemen PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyiapkan strategi di tengah pandemi Covid-19. Langkah itu dilakukan guna menjaga kinerja perusahaan agar tidak terkontraksi negatif lebih dalam.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, salah satu langkah yang dilakukan pihaknya menjaga likuiditas perusahaan. Langkah ini diyakini mampu menjaga kinerja perusahaan saat krisis kesehatan dan ekonomi melanda Indonesia.

Baca Juga: HUT ke-75 KAI, Jokowi: Transportasi yang Murah, Aman dan Nyaman

“Kami juga menjaga likuiditas perusahaan agar berjalan dengan baik sehingga kita bisa bertahan dalam masa krisis ini,” kata Didiek dalam memperingati Hut ke-75 KAI secara virtual, Senin (28/9/2020).

Dengan adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kata Didiek, volume penumpang menurun signifikan. Di mana, penumpang yang diangkut kereta api hanya sekitar 10%.

"Dalam situasi normal kereta api bisa mengangkut 1,3 juta penumpang dalam satu hari, 1,1 juta untuk commuter line, dan 200 ribu oleh KA jarak jauh, tapi sekarang situasinya sangat terpengaruh," kata dia.

Baca Juga: Jalur Kereta Sulawesi Bisa Beroperasi Akhir 2021

Karena itu, pihaknya terus melakukan langkah efisiensi untuk memaksimal kinerja perseroan. Bahkan, KAI harus bersikap adaptif dalam dalam kondisi krisis agar perusahaan tetap berjalan dengan baik.

“Kami juga memonitor cash flow kita secara harian supaya kereta api tetap aman,” ujarnya.

Selama pandemi berlangsung, Didiek menyebut, sejumlah langkah teknis telah dilakukan pihaknya agar penumpang tetap merasa aman dan nyaman. Misalnya, menyediakan handsanitizer di dalam kereta, jumlah keterisian penumpang batasi, hingga menerapkan protect our people guna melindungi pegawai KAI yang yang memberikan layanan kepada masyarakat.

KAI juga menyediakan layanan terbaru berupa membership bagi penumpang. Layanan ini, menyediakan poin khusus bagi penumpang yang membeli tiket kereta. Poin itu dapat digunakan dengan tiket baru atau digunakan dengan mitra KAI.

“Ke depan kreatifitas akan kita kembangkan terus. Artinya kerjasama dengan beberapa bank pemerintah kita lakukan, itu artinya ke depan inovasi kreativitas akan kita kembangkan terus dalam rangka memberikan kemudahan di masa pandemi,” kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini