4 Upaya Perkuat Lumbung Pangan di Tengah Covid-19

Safira Fitri, Jurnalis · Rabu 30 September 2020 12:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 320 2286101 4-upaya-perkuat-lumbung-pangan-di-tengah-covid-19-jUoWD3skzK.jpg Lumbung Pangan Diperkuat. (Foto: Okezone.com/Bulog)

JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) bekerjasama dengan Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melakukan langkah-langkah strategis untuk memitigasi risiko ketahanan pangan nasional. Hal ini dilakukan dalam memperkuat lumbung pangan masyarakat desa.

Dengan ini, pemerintah pusat maupun daerah melaksanakan pengembangan lumbung pangan masyarakat melalui upaya pemberdayaan masyarakat dengan peningkatan kemampuan sumberdaya manusia dalam pengelolaan lumbung pangan, optimalisasi sumberdaya yang tersedia dan penguatan kapasitas kelembagaannya.

Baca Juga: Lumbung Pangan Nasional, Mentan: Kita Jual Beras Kualitas Ekspor

"Langkah terbaik adalah memperkuat peranan masyarakat dari tingkatan yang paling rendah. Dengan begitu akan memperkuat ketahanan pangan kita," dalam keterangan tertulis dilaman Instagram @kementerianpertanian, Jakarta, Rabu (30/9/2020).

Adapun dalam langkah-langkah tersebut meliputi sejumlah hal sebagai berikut.

Pertama, perkuat ketahanan pangan. Dalam upaya ini diyakini memperkuat cadangan pangan masyarakat desa dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional.

Kedua, antisipasi risiko. Dimana, ketahanan pangan nasional saat ini dihantui risiko terjadinya krisis/kerawanan pangan, gangguan produksi, bencana alam, khususnya pada masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: 450 Ribu Alsintan Dibagikan, Apa Kabar Swasembada Beras?

Ketiga, penguatan. Mengenai fungsi lumbung diperkuat, tidak lagi hanya berbasis kelompok tani. Namun, diperluas juga dengan basis wilayah satu desa.

Keempat, kerjasama dengan Kemendes. Terkait hal ini, Kementan menggandeng Kemendes dan PDTT untuk mensinergikan peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini