Ikan Cupang Bikin Safii Kantongi Puluhan Juta Rupiah

Sadam Husin, Jurnalis · Rabu 30 September 2020 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 455 2286194 ikan-cupang-bikin-safii-kantongi-puluhan-juta-rupiah-wqenq2D1sJ.jpg Ikan Cupang (Foto: Sadam/Okezone)

MEDAN - Kesulitan ekonomi pada masa pandemi Covid-19 saat ini, membuat seorang petani melon beralih profesi menjadi pembudidaya ikan hias dari kelompok betta fish alias ikan cupang.

Pasalnya, di masa pandemi ini terutama sejak diterapkannya kebijakan untuk tetap berada di rumah saja, tak sedikit masyarakat yang menyalurkan hobinya. Salah satunya yakni memelihara ikan cupang.

Betta fish atau ikan cupang sebenarnya telah lama diminati masyarakat sebagai ikan peliharaan, siripnya yang gemulai dan memiliki corak warna yang beragam, membuat ikan cupang begitu indah dipandang.

Baca juga: Tingkatkan Imun Lawan Covid-19, Harga Madu Hutan Meroket 100%

Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh seorang pemuda asal Jawa Timur yang menetap di Desa Tandem Hilir Dua, yakni Ahmad Safii yang berusia 23 tahun. Dirinya memanfaatkan halaman belakang rumahnya untuk membudidayakan ikan cupang.

Dengan ketelatenannya dalam membersihkan kolam kecil dan mengganti air setiap tiga hari sekali, memberi makan cacing sutra pada ikan cupang yang dimilikinya hingga berusia dua bulan, lalu begitu menginjak usia tiga bulan barulah diberi pakan jentik yang kaya akan protein agar siripnya dapat memiliki corak dan warna yang indah.

Baca juga: Usaha Ecoprint, Sugiharti Tersenyum Lebar karena Hasilkan Jutaan Rupiah

Di samping itu, ikan cupang merupakan ikan individual, maka setelah dewasa, ikan akan dipisahkan ke masing-masing toples, setelah melalui proses tersebut, ikan cupang pun siap untuk dijual.

Dari sinilah dirinya pun berhasil meraih pundi-pundi rupiah di tengah sulitnya ekonomi di masa pandemi saat ini, bahkan dirinya mendapat peningkatan pada omzet penjualannya.

“Satu hari bisa menjual seratus ekor ikan cupang ke berbagai daerah hingga ke mancanegara, seperti Jawa, Batam, Kampung-Kampung, dan Malaysia,” kata dia Rabu (30/9/2020).

 

Harga per ekor ikan dihargai mulai dari Rp50.000 hingga jutaan rupiah, tergantung dengan corak, warna, dan jenis ikan. Dalam hitungan per bulan, dirinya pun mampu meraup keuntungan mencapai puluhan juta rupiah.

Salah satu pecinta iklan cupang pun mengatakan, hobi memelihara ikan jenis cupang karena corak warna ikan yang beraneka ragam, sangat indah untuk dipandangi.

Sebagian besar koleksi ikan cupak yang dimiliki Ahmad Safii adalah jenis cupang plakat, giant, kio, dan galaxy multi color, yang harganya pun mencapai jutaan rupiah per ekornya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini