Tingkatkan Imun Lawan Covid-19, Harga Madu Hutan Meroket 100%

Jamal Pangwa, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 455 2285572 tingkatkan-imun-lawan-covid-19-harga-madu-hutan-meroket-100-fJG2CvC1Ik.jpg Madu Hutan (Foto: Jamal/Okezone)

ACEH - Di tengah masa pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air saat ini, sejumlah masyarakat di Tanah Rencong Aceh mempercayai bahwa madu hutan dapat meningkatkan daya tahan imunitas tubuh.

Atas kepercayaan masyarakat setempat, permintaan akan madu asli dari hutan pun meningkat dua kali lipat dari kondisi biasanya. Hal ini juga menjadi berkah petani madu di kawasan Keumala yang dibanjiri oleh pesanan madu hutan.

Di samping itu, para petani setempat kini lebih giat mencari madu di hutan Aceh yang medannya cukup ekstrem.

Baca Juga: Mau Punya Janda Bolong? Begini Cara Mendapatkannya

Di sisi lain, dengan adanya permintaan yang cukup tinggi pada masa pandemi untuk konsumsi madu asli dari hutan dalam menjaga imunitas tubuh, kini harganya pun semakin naik.

Jika sebelumnya, harta per botol seukuran air mineral sedang dibanderol dengan harga Rp150.000, saat ini harganya telah meningkat hingga 100%, yakni mencapai Rp300.000 per botolnya.

Diketahui, madu merupakan salah satu nutrisi alami yang telah dikenal kegunaannya bagi kesehatan manusia sejak sebelum masehi, di mana dalam sejumlah catatan sejarah telah menebalkan khasiat dari madu asli hutan tersebut.

Baca Juga: Ujian Naik Kelas, Pandemi Covid-19 Melatih Entrepreneurship

Berbeda dengan madu budidaya dari peternakan lebah, madu hutan berasal dari lebah yang hidup bebas di hutan-hutan.

Sementara, untuk tempat di mana sarang madu hutan menggantung juga sering berada di pepohonan tinggi atau tebing yang sulit dijangkau dan juga berbahaya.

Sebagai informasi, lebah liar pun sangat memainkan peran penting dalam kelestarian hutan dan tumbuh-tumbuhan karena membantu penyerbukannya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini