Dilema Pajak 0%, Beli Mobil Baru atau Tunda Ya?

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 30 September 2020 12:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 622 2286081 dilema-pajak-0-beli-mobil-baru-atau-tunda-ya-3rSqAzm1VM.jpg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah membuka wacana untuk membebaskan pajak mobil hingga 0%. Nantinya, harga mobil baru bisa lebih murah hingga 50% dari harga jual saat ini.

Lantas, apakah harga mobil yang murah ini menjadi momentum untuk beli mobil? Atau justru tetap harus menahan agar tidak tergoda iming-iming harga murah?

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan, beli atau tidaknya tergantung dari masing-masing orang. Sebab menurutnya, kebutuhan-kebutuhan dan situasi setiap orang berbeda-beda.

Baca Juga: Pajak 0% Turunkan Harga Mobil, Gaikindo: Tergantung

Sebagai salah satu contohnya adalah, ada beberapa orang yang memang butuh membeli mobil tapi tidak memiliki uang. Ada juga yang memiliki uang namun tidak terlalu membutuhkan uang.

"Tergantung kebutuhan masing-masing ya. Karena kebutuhan dan situasi tiap orang berbeda-beda," ujarnya saat dihubungi Okezone, Rabu (30/9/2020).

Menurut Andi, bagi mereka yang memiliki masalah finansial sebaiknya menunda untuk membeli mobil baru. Apalagi, bagi orang yang terkena dampak dari Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) hingga pemotongan gaji.

Baca Juga: Pajak Mobil 0% Bisa Selamatkan 1,5 Juta Pekerja Otomotif dari PHK

"Artinya gini, butuh tapi uangnya enggak ada, atau mungkin mereka lagi habis kena PHK atau bisnisnya lagi enggak bagus, ya walaupun enggak butuh tetap harus ditunda dulu," jelasnya.

Di sisi lain, ada juga beberapa orang yang tidak terlalu butuh meskipun masih memiliki uang untuk membeli. Biasanya mereka memilih untuk menyimpan uangnya dan mengandalkan kendaraan yang dimiliki untuk transportasi.

"Terus misalnya uangnya ada, enggak terkendala dengan masa pandemi seperti ini, tapi merasa enggak butuh karena ada beberapa orang ya sudah deh saya punya mobil lama saja enggak masalah. Atau sudahlah saya pakai motor saja cukup. ya buat dia jadi enggak urgent juga untuk beli walaupun harganya diskon 50%," jelasnya .

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini