Selain Bisa Nyanyi Indonesia Raya, Simak 3 Fakta Kain di Uang Rp75.000

Safira Fitri, Jurnalis · Kamis 01 Oktober 2020 10:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 320 2286596 selain-bisa-nyanyi-indonesia-raya-simak-3-fakta-kain-di-uang-rp75-000-NJQDdJNtZ8.jpg Uang Khusus Kemerdekaan Rp75.000. (Foto: Okezone.com)

 JAKARTA - Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia sudah bisa dilakukan di seluruh bank mulai hari ini. Uang khusus Kemerdekaan pun menjadi viral karena diisukan bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Hanya saja, fakta menarik soal uang Kemerdekaan tidak henti di sana. Masyarakat perlu tahu bahwa pada uang Rp75.000 terdapat tiga kain nusantara yang sarat akan filosofi kehidupan.

Baca Juga: Viral Rp75.000 Bisa Nyanyi, Triawan Munaf: Ternyata Semua Uang

Keindahan kain tenun yang dimiliki setiap daerah Nusantara tersebut pun perlu diketahui.

Adapun sejumlah fakta unik mengenai tiga kain Nusantara yang terdapat pada UPK 75 RI seperti dilansir dari laman Instagram @bank_indonesia, Jakarta, Kamis (1/10/2020).

Infografis

1. Kain Gringsing (Bali)

Yakni merupakan satu-satunya kain tenun tradisional Indonesia yang dibuat menggunakan teknik double ikat dan memerlukan waktu produksi selama 2-5 tahun. Kain ini mengandung makna sebagai penolak bala dan berbagai penyakit jasmani maupun rohani.

Baca Juga: Uang Rp75 Ribu Bisa Nyanyi, BI Peringatkan Pengembang Aplikasi

2. Batik Kawung (Jawa)

Batik Kawung adalah motif tua yang berasal dari tanah Jawa yang berbentuk seperti kolang-kaling disusun pada empat sudut persegi. Batik Kawung mengandung makna pengendalian diri yang sempurna, hati yang bersih tanpa adanya keinginan untuk ria, dan masih banyak lagi.

3. Songket (Sumatera Selatan)

Motif songket pada UPK 75 RI merupakan salah satu motif awal kain songket khas Sumatera Selatan. Songket melambangkan kemakmuran, kemewahan, kesantunan, kehormatan, sekaligus penghormatan.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini