Pengusaha Kopi Diminta Jeli Lihat Peluang Ekspor Pasar Global

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 04 Oktober 2020 12:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 04 455 2288161 pengusaha-kopi-diminta-jeli-lihat-peluang-ekspor-pasar-global-QFsRinFcNv.jpg Ilustrasi Kopi (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kopi asal Indonesia memiliki kenikmatan tersendiri bagi para penikmatnya di saat menyesapnya. Oleh sebab itu, diharapkan kalangan pengusaha kopi harus bisa terus berinovasi agar dapat menembus pasar mancanegara.

Sekretaris Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Ratu Silvy Gayatri mengatakan, kini kopi asal Tanah Air menjadi pusat perhatian negara-negara penikmat kopi di dunia.

Baca juga: 4 Cara Dapat Modal untuk Membuat Startup

Dia meminta pengusaha kopi di Indonesia harus memiliki strategi jitu untuk bisa mendapatkan pasar dunia, sehingga kopinya bisa mampu terserap ke luar dan bisa membuat kesejahteraan bagi para petani kopi.

“Kita harus berbenah agar mendapatkan pasar ekspor,” kata Ratu dalam sambutannya pada acara peringatan International Coffee Day secara virtual, dikutip Minggu (4/10/2020).

Baca Juga: 6 Cara Kembangkan Bisnis, Skill Nego Jadi Kewajiban

Sementara itu, Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kementerian Perdagangan Olvy Andrianita menyatakan mendukung gelaran International Coffee Day. Karena itu, dapat mempromosikan kopi Indonesia ke berbagai negara secara daring. Apalagi saat ini Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia.

“Kita akan bersama-sama menembus pasar kopi dunia,” ujarnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini