Tanaman Hias Lagi Ngetren, Penjualan Bonsai Serut Naik 50%

Tata Rahmanta, Jurnalis · Selasa 06 Oktober 2020 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 06 455 2289137 tanaman-hias-lagi-ngetren-penjualan-bonsai-serut-naik-50-sfLFTyPGUF.jpg Bonsai Serut (Foto: Tata/Okezone)

BOYOLALI - Tidak hanya tanaman hias jenis monstera dan aglonema saja yang sedang naik daun di tengah masa pandemi ini. Melainkan, budidaya bonsai serut juga tengah mendapati berkah hingga terus meningkatkan peminatnya.

Salah satu pembudidaya bonsai serut yakni Eko Bambang Setiawan mengaku, hampir setiap hari dirinya disibukkan dengan mengurus puluhan tanaman bonsai miliknya. Pasalnya, sejak pandemi permintaan justru terus meningkat hingga 50%.

Baca Juga: Unik, Bisnis Cafe Sambil Edukasi Pengelolaan Sampah

Dengan sabar, Eko membentuk tanaman bonsai hasil buruannya agar terlihat cantik dan indah. Mulai dari mengganti pot, memangkas ranting dan daun, maupun membentuk dahan menggunakan kawat khusus. 

Tanaman bonsai diyakini menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan, mengingat sejak pandemi, permintaan tanaman bonsai khususnya bonsai serut atau streblus asper terus mengalami peningkatan.

Baca Juga: Dari Bisnis Percetakan, Hendaru Sukses Setelah Banting Setir Usaha Ikan Koi

"Peminatnya banyak dari berbagai kalangan, karena keindahan bonsai dapat menghilangkan kejenuhan," kata dia, Selasa (6/10/2020). 

Selain tanaman serut, Eko juga membuat bonsai dari jenis tanaman lain, seperti legundi, bougenfil, sisir, waru, dan lain-lain. Namun, memang yang sedang banyak diminati adalah bonsai serut, karena selain mudah dibentuk, tanaman serut juga memiliki batang dan daun yang bagus.

Sementara, untuk harga yang dipasarkan sangat bervariasi, mulai dari Rp50.000 hingga di atas Rp200.000, tergantung ukuran dan karakter bonsai.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini