Kekurangan Obat Covid-19, Menko Luhut Sentil BUMN

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 07 Oktober 2020 08:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 320 2289628 kekurangan-obat-covid-19-menko-luhut-sentil-bumn-m1McJClwwn.jpg Menko Luhut (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah telah menggelar rapat Rapat Kordinasi (Rakor) virtual tentang Penanganan Covid 19 di Wisma Atlet Jakarta. Rapat tersebut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Kesehatan dan Koordinator RSD Wisma Atlet, Mayjen Tugas Ratmono.

Dalam rapat tersebut, Koordinator RSD Wisma Atlet, Mayjen Tugas Ratmono melaporkan berbagai perkembangan di RSD Wisma Atlet seperti total pasien masuk berdasarkan rujukan, ketersediaan akomodasi, jumlah SDM, stok APD, stok Lab, ketersediaan obat terapi Covid 19 dan terapi pendukung.

Baca Juga: Luhut: Waspadai Perubahan Cuaca, Ditakutkan Timbul Klaster Baru Covid-19 

Tidak lupa pula, dia juga lapor telah mengkordinasikan kekurangan kebutuhan obat di wisma atlet kepada Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang juga menghadiri rakor tersebut.

"Beberapa obat terapi Covid 19 dan obat terapi pendukung persediannya kurang dari satu minggu, seperti Oseltamivir dan Chloroquin Fosfat," ujar dia dalam keterangan tertulis, Rabu (7/10/2020).

Menanggapi hal tersebut, Menkes Terawan menegaskan pula bahwa Kemenkes akan segera mengirimnya dalam minggu yang sama.

 

Sementara, Menko Luhut mengingatkan agar penderita Covid-19 yang gejala ringan tidak berpindah menjadi gejala sedang karena kekurangan obat.

"Jadi jangan sampai penderita Covid-19 gejala ringan berpindah menjadi gejala sedang karena kekurangan obat. Dan saya ingin agar proses isolasi mandiri di Wisma Atlet diperketat," tegas dia.

Menko Luhut juga menegaskan sistematika tracing pasien penderita Covid 19 di dalam kota juga harus semakin di gencarkan dan harus tepat sasaran.

"BUMN yang juga hadir dalam rakor tersebut diminta untuk terus mempersiapkan kebutuhan penyaluran obat-obatan," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini