Terkuak, Ini Penyebab Harga Emas Antam Anjlok di Bawah Rp1 Juta

Ferdi Rantung, Jurnalis · Rabu 07 Oktober 2020 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 320 2289733 terkuak-ini-penyebab-harga-emas-antam-anjlok-di-bawah-rp1-juta-xPQvVd5vbU.jpg Harga Emas (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Harga Emas PT Aneka Tambang (Antam) pada perdagangan hari ini turun level dari Rp1 jutaan per gram menjadi Rp999.000 per gram. Penurunan harga emas ini didorong oleh pelemahan harga emas di dunia.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menjelaskan penurunan harga emas dunia disebabkan karena ketidakpastian stimulus tunjangan pengangguran di Amerika Serikat, sehingga investor pun mulai beralih mencari perlindungan dalam bentuk dolar AS

"Semua pasar dan semua mata tertuju pada tunjungan pengangguran yang kemungkinan akan disahkan. Namun terjadi perbedaan, di mana partai non pemerintah mengajukan sebesar USD2,4 triliun sedangkan partai pemerintah USD1 triliun. hal ini yang menyebabkan indeks dolar menguat sehingga harga emas mengalami penurunan" katanya ketika dihubungi, Kamis (7/10/2020)

Baca Juga: Harga Emas Antam Turun Drastis, Tak Lagi Rp1 Juta/Gram 

Selain itu, sentimen negatif lainnya adalah kesehatan Presiden AS Donald Trump yang kembali memburuk. Hal ini membuat pasar menjadi takut sehingga indeks dolar kembali menguat.

"Trump kembali ke Gedung Putih pada hari Senin setelah tinggal di rumah sakit selama tiga malam. Namun kambuh kembali, ini membuat pasar takut sehingga indeks dolar menguat," jelasnya

Sebelumnya, Ibrahim memperkirakan bahwa emas akan terus mengalami penurunan hingga ke level USD1.700. Jika menyentuh harga tersebut maka kemungkinan harga emas akan dijual sebesar Rp850.000 per gram.

"Harga emas diprediksi akan semakin turun, apalagi obat covid-19 sudah ditemukan. hal inilah yang menyebabkan kenaikan harga emas akan semakin tumpul," tandasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini