Bagaimana Cara Pegangguran Bisa Hasilkan Rp10,3 Triliun?

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 10 Oktober 2020 03:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 455 2291138 bagaimana-cara-pegangguran-bisa-hasilkan-rp10-3-triliun-XSHkau6WAE.png Kisah Sanjay Shah. (Foto: Okezone.com/National.ae)

JAKARTA - Sanjay Shah memiliki harta hingga USD700 juta atau sekitar Rp10,3 triliun (mengacu kurs Rp14.800 per USD). Namun harta tersebut dipertanyakan karena diperoleh dari ketidakjelasan.

Mengutip Bloomberg, Sanjay yang diketahui telah kehilangan pekerjaan karena krisis lebih dari satu dekade, memanfaatkan celah dalam undang-undang pajak dividen yang diberlakukan pada saat itu.

Dalam beberapa tahun, dia mencatat kenaikan spektakuler dari ketidakjelasan lantai perdagangan. Shah pun memiliki portofolio di sektor properti dari mulai Regent's Park di London hingga Dubai. Selain itu, dirinya juga menjadi bos di sebuah kapal pesiar setinggi 62 kaki dan memesan Drake.

Hanya saja, uang yang didapatkan oleh Shah ini menimbulkan kontroversi. Anggota parlemen Jerman menyebutnya sebagai perampokan pajak terbesar dalam sejarah.

Shah pun merasa dijadikan kambing hitam karena mencari tahu bagaimana mendapatkan keuntungan secara hukum dari celah kode pajak yang tidak jelas yang memungkinkan perdagangan Cum-Ex.

Baca Selengkapnya: Kisah Pengangguran Berharta Rp10,3 Triliun yang Dicari Banyak Orang, Kenapa?

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini