Penjelasan Lengkap Jokowi soal Amdal dan Bank Tanah di UU Ciptaker

Dita Angga R, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2020 19:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 470 2291285 penjelasan-lengkap-jokowi-soal-amdal-dan-bank-tanah-di-uu-ciptaker-9bPVRLIis4.jpg UU Cipta Kerja Atur AMDAL dan Bank Tanah. (Foto: Okezone.com/PUPR)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut demo penolakan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja (Ciptaker) dilatarbelakangi adanya substansi dan hoax di media sosial. Salah satunya terkait isu analisis mengenai dampak lingkungan (AMDALl).

“. AMDAL tetap ada bagi industri besar harus studi AMDAL yang ketat tapi bagi UMKM lebih ditekankan pada pendampingan dan pengawasan,” ungkapnya di Istana Bogor, Jumat (9/10/2020).

Baca JUga: UU Ciptaker Disahkan, Jokowi: Kebutuhan Atas Lapangan Kerja Mendesak

Pada kesempatan itu dia juga memberi penjelasan terkait keberadaan bank tanah. Menurutnya bank tanah ini sangat diperlukan.

“Ini untuk menjamin kepentingan umum, kepentingan sosial, kepentingan pembangunan nasional pemerataan ekonomi dan konsolidasi lahan serta reforma Agraria,” ujarnya.

Baca Juga: UU Cipta Kerja Berikan Banyak Peluang untuk UMKM

Di sisi lain juga dapat menjamin akses masyarakat untuk kepemilikan tanah.

“Ini sangat penting untuk menjamin akses masyarakat terhadap kepemilikan tanah, kepemilikan lahan dan kita selama ini tidak memiliki bank tanah,” pungkasnya. 

 

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini