5 Keluarga Terkaya di Dunia, Seberapa Greget Hartanya?

Safira Fitri, Jurnalis · Sabtu 10 Oktober 2020 20:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 10 320 2291618 5-keluarga-terkaya-di-dunia-seberapa-greget-hartanya-jJYxdn715q.jpg Orang Kaya (Shutterstock)

JAKARTA - Kekayaan terkadang menjadi salah satu standar bagi banyak orang dalam meraih kesuksesan. Namun, menjaga kekuatan bisnis hingga mampu berdiri dari generasi ke generasi buka perkara yang mudah.

Di samping itu, terdapat beberapa keluarga yang telah menumpuk kekayaannya dari hasil kerja sama dan saling mendukung antar keluarga. Berikut sejumlah orang terkaya di dunia berdasarkan urutan nilai kekayaannya seperti dilansir dari Koran Sindo, Jakarta, Sabtu (10/10/2020).

 Baca juga: 10 Crazy Rich dengan Harta Berlimpah, Juaranya Miliki Rp1.307 Triliun

1. The Rothschild, dengan kekayaan USD10 triliun

Jumlah total kekayaannya mencapai USD10 trilium atau sekitar Rp130 kuadriliun. Kekuasaan The Rotschild berawal pada 1760-an, ketika Mayer Amschel Rotschild mendirikan sebuah bank di Jerman, di mana keluarga tersebut berasal.

Saat ini Rotschild & Co merupakan salah satu dinasti perbankan terbesar di dunia.

2. Al-Saud, dengan kekayaan USD1,4 triliun

Anggota keluarga Al-Saud pertama adalah Muhammad bin Saud, yang merupakan pendiri Arab Saudi, Emirate of Diriyah. Sekarang keluarga ini memiliki ribuan anggota dan memiliki kekayaan tak terhingga, diperkirakan sekitar USD1,4 triliun atau sekitar Rp152 kuadriliun.

 Baca juga: Devendra Jain, Kakek Tua Berharta Rp23,5 Triliun dari Bisnis Kertas

Beberapa anggota keluarga Al-Saud tercantum dalam daftar miliuner Forbes. Peringkat tertinggi dalam daftar itu adalah Pangeran Al-Waleed bin Talal. Saat ini ia merupakan orang terkaya ke-41 di dunia dengan jumlah kekayaan USD19 miliar atau Rp259 triliun lebih.

3. Walton, dengan kekayaan USD1.300 miliar

Ketika sebagian besar keluarga kaya menjalankan berbagai bidang bisnis, keluarga Walton hanya memiliki satu bisnis, yaitu ritel terbesar di AS, Walmart. Sam Walton dan saudaranya, James "Bud" mendirikan bisnis ritel pada 1962.

Setelah kedua bersaudara Walton meninggal, Walmart diambil alih oleh anak-anak mereka, dua putra Sam dan satu putri, dan dua anak perempuan Bud. Forbes menobatkan Waltons sebagai keluarga terkaya di AS dengan jumlah kekayaan bersihnya mencapai USD1.300 miliar atau Rp17 kuadriliun.

4. Koch, dengan kekayaan USD820 miliar

Koch Industries adalah perusahaan swasta terbesar kedua di Amerika setelah Cargill Inc. Tapi dalam hal jumlah kekayaan, Koch memiliki lebih banyak daripada Cargill, yaitu USD820 miliar atau Rp1.093 triliun.

Koch memiliki industri minyak dan bensin, yang dimulai pada 1920, ketika Fred C. Koch mengembangkan metode baru untuk penyempurnaan minyak mentah menjadi bensin. Saat ini, Koch Industries menjalankan berbagai macam bisnis, seperti makanan, properti, pakaian, transportasi, dan bahan bakar.

5. Mars, dengan kekayaan USD780 miliar

Produk Mars, seperti Snickers dan M&M's tak hanya populer di AS, tapi juga di seluruh dunia. Frank Mars memulai perusahaan permen dan menjualnya dari dapur kecil pada 1911.

Sekitar delapan belas tahun kemudian, anaknya, Forrest bergabung. Kini keluarga yang memiliki aset USD780 miliar atau sekitar Rp1.000 triliun lebih ini juga merupakan produsen makanan hewan, Pedigree dan Whiskas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini