Cara Hemat Belanja, Tetapkan Budget dan Maksimalkan Promo Diskon

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2020 10:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 622 2292117 cara-hemat-belanja-tetapkan-budget-dan-maksimalkan-promo-diskon-euL8s5AXwt.jpg Online Shop (Shutterstock)

JAKARTA - Dalam situasi keuangan yang tidak menentu saat pandemi seperti ini, perlu belanja hemat dan lebih cermat berbelanja. Sebab, jika semua kebutuhan di atas dipenuhi, namun pemasukan sedang tersendat, bisa-bisa hal itu akan menimbulkan masalah finansial baru.

Permasalahan baru tersebut bermacam-macam. Seperti dana darurat menipis, menguras tabungan, atau yang lebih parah, menambah utang.

 Baca juga: Covid-19 Masih Ganas, Begini Cara Aman Dompet Tetap Tebal hingga Akhir Tahun

Perancang Keuangan Eko Endarto mengatakan prinsip utama agar penghasilan Anda tidak terkuras untuk belanja ialah dengan menetapkan budget maksimal belanja. Misalnya sebesar 10% per bulan.

" Artinya, kalau boleh menghabiskan maksimal sejumlah tersebut untuk memenuhi kebutuhan. Mengalokasikan yang tepat penting untuk menghindari dari belanja impulsif," kata Eko saat dihubungi, Jakarta, Senin (12/10/2020).

Dia melanjutkan untuk memanfaatkan promo diskon pada platform E-Commerce. Hal ini bisa menghemat anggaran belanja anda.

 Baca juga: Mengelola Keuangan Bisa Sontek Strategi Orang-Orang Kaya di Dunia

"Jangan buru-buru membeli barang. Cari dulu produk-produk yang Anda incar dan bandingkan harga produk tersebut di beberapa toko online atau marketplace," tandasnya.

Dia menambahkan jalani hidup apa adanya, sesuai dengan kemampuan isi dompet. Petuah ini bisa menjadi penyelamat Anda melewati situasi yang tidak menentu seperti sekarang ini.

" Janganlah boros untuk pos-pos tersier," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini