Kartu Kredit Bisa Jadi Bumerang, Belajar Dulu Cara Penggunaannya

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 11:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 622 2292765 kartu-kredit-bisa-jadi-bumerang-belajar-dulu-cara-penggunaannya-ul1QXNrRs1.jpg Tips Gunakan Kartu Kredit. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Kartu kredit jadi salah satu alat transaksi yang mudah digunakan dan memiliki banyak penawaran menggiurkan bagi penggunannya. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan kartu kredit.

Jika tidak bijak dalam menggunakan kartu kredit bisa menjadi boomerang pada keuangan.

Perencana Keuangan Eko Endarto mengatakan, orang menganggap kartu kredit adalah tempat berutang, karena kemudahannya orang-orang yang justru kewalahan saat harus membayar tagihan.

Baca Juga: Begini Cara Mengatur Keuangan saat Indonesia Resesi

"Kesalahan dalam menggunakan kartu kredit biasanya banyak dilakukan oleh pemegang kartu kredit pemula," ujar Eko, di Jakarta, Selasa (13/10/2020).

Dia melanjutkan ada banyak cara agar pemakaian kartu kredit tidak membengkak. Di antaranya adalah, pilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan.

"Jadi kalau menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran maka pilihlah kartu kredit yang menawarkan banyak diskon dan cashback belanja," katanya.

Dia melanjutkan, jangan terlalu memiliki banyak kartu kredit. Pasalnya, semakin banyak mempunyai kartu kredit maka semakin besar biaya yang harus dikeluarkan.

Baca Juga: Mengelola Keuangan Bisa Sontek Strategi Orang-Orang Kaya di Dunia

"Setiap kartu kredit biasanya mempunya biaya administrasi tahunan, biaya keterlambatan, biaya cetak tagihan dan lain-lain," jelasnya.

Sambung dia, sesuaikan limit kartu kredit dengan penghasilan. Pada umumnya, kartu kredit akan memberikan limit dua sampai tiga kali lipat gaji.

"Misalnya gaji Rp4 juta Rupiah, maka pihak bank akan menawarkan limit Rp8 juta rupiah. Meskipun demikian, bukan berarti Anda harus mengambil limit tersebut. Selalu gunakan kartu kredit dalam batas wajar dan pastikan tagihannya tidak lebih besar dari gaji bulanan," bebernya.

Dia menambahkan jangan sering menarik uang tunai dengan kartu krefit. Hal ini bisa membuat tunggakan kredit melonjak.

"Kartu kredit memiliki fasilitas Tarik tunai. Fasilitas ini sangat memungkinkan untuk mengambil uang cash melalui ATM seperti pinjaman kilat. Di balik kemudahan tarik tunai ini ada sekitar 2,5% bunganya. Apalagi kalau enggak dibayar tepat waktu bunga banknya akan meningkat," tandasnya. (fbn)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini