Cerita BKN soal Peserta Positif Covid-19 Tetap Ikut Tes SKB CPNS

Dita Angga R, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 320 2294173 cerita-bkn-soal-peserta-positif-covid-19-tetap-ikut-tes-skb-cpns-U5jEylQIqV.jpg SKB CPNS 2019 (Foto: PANRB)

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkapkan bahwa selama seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS yang digelar 1 September hingga 12 Oktober 2020, terdapat beberapa peserta yang harus mengikuti tes di ruang terpisah. Hal ini merupakan langkah menjalankan disiplin protokol kesehatan.

“Ada 97 peserta yang reaktif dan 59 peserta yang suhu tubuhnya lebih besar atau sama 37,3 derajat celcius. Bagi peserta-peserta ini tetap bisa mengikuti seleksi tapi ruangannya kami pisahkan atau kami tempatkan di ruangan berbeda dengan peserta yang tidak terkonfirmasi reaktif hasil pemeriksaan rapid tesnya mereka,” kata Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen saat Media Briefing, Kamis (15/10/2020).

Tidak hanya itu dia juga menyebut ada peserta yang terkonfirmasi positif covid-19 mengikuti SKB di titik lokasi. Dia mengatakan kedua peserta ini sebelumnya telah meminta penjadwalan ulang untuk tes.

 Intip Suasana Pelaksanaan Tes SKB CPNS BNPB TA 2019

Namun pada saat penjadwalan ulang hasil swab tesnya masih positif. Lalu atas dasar rekomendasi tim kesehatan masih bisa mengikuti seleksi maka keduanya tetap bisa hadir di lokasi.

“Dua orang di antaranya masih terkonfirmasi positif covid tetapi sudah direkomendasikan tim kesehatan bahwa yang bersangkutan bisa ikut seleksi SKB dengan diantar oleh ambulan. Mereka kemudian kita fasilitasi. Jadi yang memutuskan apakah yang bersangkutan boleh atau tidak boleh ikut SKB itu bukan BKN tapi adalah tim kesehatan masing-masing instansi,” jelasnya.

Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Aris Windiyanto mengatakan bahwa memang ada beberapa peserta dengan positif covid mengikuti tes SKB CPNS atas rekomendasi tim medis. Terkait hal ini Aris memastikan bahwa BKN sudah menyiapkan antisipasinya.

“Jadi disediakan ruangan khusus jika ada peserta covid-19. Jadi ada beberapa ruangan yakni ruangan umum untuk peserta sehat. Lalu ada ruangan untuk peserta yang suhunya di atas 37,3 derajat celcius. Peserta yang reaktif ada ruangan lain. Juga untuk peserta positif ada ruangan khusus,” pungkasnya.

Intip Suasana Pelaksanaan Tes SKB CPNS BNPB TA 2019

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini