Bank Dunia: UU Cipta Kerja Ciptakan Investasi dan Perangi Kemiskinan

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 16 Oktober 2020 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 320 2294598 bank-dunia-uu-cipta-kerja-ciptakan-investasi-dan-perangi-kemiskinan-i0hmtAnsGo.jpeg Bank Dunia Nilai UU Cipta Kerja di Indonesia. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Bank Dunia menilai Undang-Undang Cipta Kerja sebagai upaya reformasi besar untuk menjadikan Indonesia lebih kompetitif dan mendukung aspirasi jangka panjang negara agar masyarakat sejahtera. UU ini dapat mendukung pemulihan ekonomi dan pertumbuhan jangka panjang yang tangguh di Indonesia.

"Dengan menghapus berbagai pembatasan besar pada investasi dan memberikan sinyal bahwa Indonesia terbuka untuk bisnis, hal ini dapat membantu menarik investor, menciptakan lapangan kerja, dan membantu Indonesia memerangi kemiskinan," tulis laporan Bank Dunia seperti dukutip Jumat (16/10/2020).

Baca Juga: Pengusaha Ramai-Ramai Beberkan Manfaat UU Cipta Kerja, Yuk Dibaca

Adapun, implementasi Undang-Undang secara konsisten akan sangat penting, dan akan memerlukan peraturan pelaksanaan yang kuat untuk memastikan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

"Serta upaya bersama Pemerintah Indonesia dan pemangku kepentingan lainnya," katanya.

Bank Dunia berkomitmen untuk bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dalam reformasi-reformasi ini, menuju pemulihan ekonomi dan masa depan yang lebih baik untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Menaker Tingkatkan Sosialisasi UU Ciptaker

Sebelumnya,  Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR Indra Iskandar menyerahkan naskah final Undang-Undang Omnibus Law tentang Cipta Kerja (UU Ciptaker) ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Naskah UU Ciptaker yang diserahkan setebal 812 halaman.

Indra akan ditemui langsung oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Kantor Kemensetneg.

“Siang ini saya meluncur ke Setneg untuk menyampaikan itu dan saya sudah berjanji dengan Mensesneg siang ini,” kata Indra.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini