Ekonomi China Bangkit, Tumbuh 4,9% di Kuartal III

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 19 Oktober 2020 11:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 320 2295828 ekonomi-china-bangkit-tumbuh-4-9-di-kuartal-iii-Re94Li1QFV.jpg Ekonomi China Pulih (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Ekonomi China berhasil pulih dari virus corona dan tumbuh 4,9% pada kuartal III-2020. Demikian seperti data yang disampaikan Biro Statistik Nasional China.

Meski demikian, pertumbuhan ekonomi China kuartal III-2020 sebesar 4,9% di bawah ekspektasi analis. Ekonom China diperkirakan tumbuh 5,2% pada kuartal III-2020. Dengan demikian ekonomi China tumbuh 0,7% dalam sembilan bulan pertama tahun ini atau year to date.

“Secara umum, ekonomi nasional China melanjutkan pemulihan yang stabil dan hasil yang signifikan telah disampaikan dalam mengoordinasikan pencegahan penularan dan pengembangan epidemi,” kata Biro Statistik Nasional China seperti dilansir CNBC, Jakarta, Senin (19/10/2020).

Baca Juga: Negara Lain Resesi, Ekonomi China Tumbuh 3,2% pada Kuartal II-2020 

“Namun, kita juga harus menyadari bahwa lingkungan internasional masih rumit dan parah dengan ketidakstabilan dan ketidakpastian yang cukup besar, dan bahwa kita berada di bawah tekanan besar untuk mencegah penularan epidemi dari luar negeri dan kebangkitannya di dalam negeri," kata laporan Biro Statistik Nasional China.

"Perekonomian masih dalam proses pemulihan dan fondasi untuk pemulihan yang berkelanjutan perlu dikonsolidasikan," katanya.

 

Sementara itu, penjualan ritel China naik 3,3% pada September, naik 0,9% pada kuartal ketiga. Namun, selama sembilan bulan pertama tahun ini, penjualan ritel mengalami kontraksi 7,2%.

Investasi aset tetap naik 0,8% dalam tiga kuartal pertama tahun ini. Kemudian, tingkat pengangguran yang disurvei perkotaan resmi turun lebih rendah pada bulan September menjadi 5,4%.

Produksi industri naik 6,9% pada September dari tahun lalu, sehingga total pertumbuhan untuk sembilan bulan pertama tahun ini menjadi 1,2%.

Sebelumnya, Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan China akan menjadi satu-satunya negara dengan ekonomi utama dunia yang tumbuh tahun ini sebesar 1,9%.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini