Orang Terkaya Asia Kasih Bocoran agar Ekonomi Meroket

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 07:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 320 2296730 orang-terkaya-asia-kasih-bocoran-agar-ekonomi-india-meroket-KVCQ1RLpC8.png Miliarder India Mukesh Ambani Memberi Saran untuk Ekonomi India. (Foto: Okezone.com/Indiatvnews)

JAKARTA - Miliarder Mukesh Ambani yang juga bos Reliance Industries Ltd mengatakan bahwa India harus mengatur ulang sektor manufakturnya. Hal ini supaya mendorong pertumbuhan ekonomi.

Menurut Mukesh, pemerintah perlu melakukan penguatan pada usaha kecil dan menengah di India. “Ada kebutuhan untuk memikirkan kembali dan mendefinisikan kembali manufaktur di India. Kami perlu memperkuat usaha kecil dan menengah kami,” ujarnya mengutip dari Bloomberg, Rabu (21/10/2020).

Baca Juga: Muda dan Cantik, Ini Daftar 13 Miliarder Wanita Tajir Melintir

 Usul orang terkaya di Asia itu pun disampaikan ketika Perdana Menteri Narendra Mod mencoba menghidupkan kembali perekonomian India. Setelah ekonomi Negeri Bollywood tersebut mengalami kontraksi terbesar usai menerapkan kebijakan lockdown.

Reliance yang bergerak di bidang energi ini mulai merambah layanan ritel dan digital selama pandemi. Hal tersebut setelah perusahaan mengumumkan wacana untuk investasi senilai USD25 miliar atau setara Rp367 triliun (mengacu kurs Rp14.700 per USD).

Mukesh Ambani semakin berupaya bermitra dengan bisnis kecil, start-up, dan toko pop up untuk melayani pelanggan sebagai rencana pendirian e-commerce reliance.

Baca Juga: Pengusaha Beberkan Alasan Perusahaan Tak Patuh Bayar Pesangon 32 Kali Gaji

Mukesh Ambani menjelaskan, beberapa area yang bisa menjadikan masyarakat India melek digital. Pertama, meningkatkan sistem pendidikan India, dan transformasi sektor energi untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

“Jika saya dapat memainkan peran kecil saya dalam mencapai ini, jika saya dapat menciptakan lembaga untuk melanggengkan dan mempertahankan tujuan ini, maka saya akan melakukan bagian saya,” kata Ambani.(fbn)

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini