Mengintip Kebun Kurma di Tanah Rencong

Syukri Syarifuddin, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 19:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 455 2298008 mengintip-kebun-kurma-di-tanah-rencong-VWiM2xgdxZ.jpeg Pohon Kurma (Foto: Okezone)

ACEH - Berwisata ke Aceh, kini wisatawan bisa mecoba satu destinasi baru ala padang pasir. Tempat itu bernama Kebun Kurma Lembah Barbate yang berlokasi di Desa Meurandeh, Kecamatan Krueng Raya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

Lokasi yang menyajikan pemandangan sebuah lembah yang menghampar hijau hingga sejuk dipandang oleh kedua bola mata pengunjung. Tertanam sebanyak kurang lebih dua ribu pohon kurma yang begitu menambah pesona kawasan yang luasnya mencapai 546 hektare tersebut.

Baca Juga: Belajar Bisnis Ikan Cupang Skala Rumah Tangga

Saat awal pandemi Covid-19 menyerang Indonesia, kawasan itu sempat ditutup oleh pemerintah daerah. Kini, wisatawan pun sudah mulai diizinkan untuk menikmati tempat wisata tesebut dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

Untuk sampai ke lokasi, pengunjung hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 45 menit dari Kota Banda Aceh bila menggunakan kendaraan pribadi. Di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan sebuah panorama alam yang indah, di mana bisa terlihat jelas hamparan kurma yang tertanam rapi dari atas perbukitan.

Pemilik Kebun Kurma Lembah Barbate Syukri Syafii mengatakan, pihaknya menyediakan fasilitas motor ATV untuk menikmati wilayah tersebut. Selain itu, ada juga penyewaan kuda dan tempat olahraga memanah. 

“Pengunjung yang hadir ke lokasi kebun kurma rata-rata tertarik untuk menyaksikan pohon-pohon kurma yang tumbuh subur di Aceh,” kata Syukri, Kamis (22/10/2020).

Selain bisa melihat dari dekat pohon kurma yang sedang berbuah, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam Pegunungan Seulawah yang indah serta berbagai permainan untuk dicoba oleh anak –anak.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini