Abaikan Resesi, Investasi Belanda ke Indonesia Ngalir Terus

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2020 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 320 2298332 abaikan-resesi-investasi-belanda-ke-indonesia-ngalir-terus-UlxAhqxBRL.jpg Rupiah (Shutterstock)

JAKARTA - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat Eropa masuk menjadi salah satu penyumbang investasi terbesar di Indonesia. Hal ini dikarenakan investasi Belanda masuk lima besar di Indonesia.

Padahal perekonomian negara tersebut mengalami resesi terimbas pandemi Covid-19. Rinciannya investasi Belanda ke Indonesia sebesar USD0,5 miliar.

Baca juga: Investasi Naik Serap 295.387 Tenaga Kerja

"Kemudian Belanda USD0,5 miliar. Eropa sekalipun pertumbuhan mereka defisit tetapi animo gairah mereka untuk investasi di Indonesia itu cukup luar biasa. Belanda ini juga menjadikan beberapa negara menjadi hub sebenarnya," kata Bahlil dalam video virtual, Jumat (23/10/2020)

Adapun,derasnya investasi dari negara Eropa tersebut menunjukkan kepercayaan (trust) mereka terhadap Indonesia.

Baca juga: Mau Investasi Saham? Cek Sektor Usaha yang Bertahan di Masa Pandemi

"Jadi ini terkait dengan trust terkait dengan persepsi yang selama ini dibangun pemerintah. Dengan melakukan perubahan regulasi ini dampaknya sudah mulai bagus," katanya.

Sementara itu, negara Singapura menjadi penyumbang investasi sebesar USD 2,5 miliar, lalu Tiongkok USS 1,1 miliar, Jepang USD0,9 miliar, Hong Kong USD0,7 miliar dan Belanda sebesar USD0,5 miliar.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini