Wapres: RI Harus Jadi Eksportir Produk Halal Terbesar Dunia

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 24 Oktober 2020 13:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 24 320 2298860 wapres-ri-harus-jadi-eksportir-produk-halal-terbesar-dunia-R5rHMRq1UP.jpg Maruf Amin (Okezone)

JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta kepada semua pihak agar bersungguh-sungguh untuk menjadikan Indonesia sebagai produsen dan eksportir produk halal terbesar di dunia.

Seperti diketahui, Indonesia sebagai negara berpenduduk keempat terbesar di dunia, dengan mayoritas penduduk muslim sebesar 87% dari total 267 juta penduduk. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai pasar yang sangat menentukan dalam perdagangan produk halal dunia.

 Baca juga: Punya Potensi Besar, Kok RI Masih Rajin Impor Produk Halal?

"Jadi dengan segala sumber daya yang dimiliki, saya percaya Indonesia memiliki peluang yang besar sebagai negara produsen dan pengekspor produk halal terbesar di dunia," ujar dia dalam sambutannya di webinar 'Indonesia Menuju Pusat Produsen Halal Dunia', Sabtu (24/10/2020).

Kemudian, lanjut dia.untuk menjadikan Indonesia menjadi pusat produsen produk halal dunia. Maka Indonesia memerlukan langkah-langkah strategis yang dilaksanakan oleh para pemangku kepentingan terkait secara simultan dan kolaboratif.

 Baca juga: Sri Mulyani Ingin Label Halal Tak Bebani Industri Syariah

Langkah-langkah strategis tersebut antara lain melalui penguatan industri produk halal melalui pembentukan kawasan-kawasan industri halal maupun zona-zona halal di dalam kawasan industri yang sudah ada.

"Sehingga kapasitas produksi produk halal Indonesia bisa meningkat secara signifikan dan terintegrasi, semakin pasar halal global memiliki potensi yang sangat besar," ungkap dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini