Layangan Tersangkut di Roda, Bos Citilink Pastikan Pesawatnya Tetap Sehat

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Sabtu 24 Oktober 2020 15:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 24 320 2298911 layangan-tersangkut-di-roda-bos-citilink-pastikan-pesawatnya-tetap-sehat-FRsvoSn7w8.jpg Citilink (Okezone)

JAKARTA - PT Citilink Indonesia menyatakan bahwa pesawat yang tersangkut layangan tidak mengalami kerusakan. Hal ini setelah dilakukan pengecekan oleh tim teknis.

Direktur Utama Citilink Juliandra Nurtjahjo mengatakan, adanya layangan yang tersangkut pada roda pendaratan utama bagian kanan pesawat Citilink dengan tipe pesawat ATR 72-600 saat akan melakukan pendaratan di bandara Adisutjipto Yogyakarta. Setelah mendarat, pihaknya langsung melakukan pemeriksaan.

 Baca juga: Layangan Nyangkut di Pesawat, Dirjen Hubud Tegaskan Bandara Harus Steril Aktivitas Warga

"Tim teknik kami telah melakukan pemeriksaan seluruh bagian pesawat secara intensif dan dapat disampaikan bahwa tidak ada kerusakan pada pesawat tersebut dan telah layak untuk beroperasi kembali," ujar Juliandra saat dihubungi, Jakarta, Sabtu (24/10/2020).

Juliandra mengatakan, pihaknya terima kasih kepada pihak bandara yang telah memberikan imbauan kepada masyarakat sekitar terhadap bahaya bermain layangan di sekitar area bandara.

 Baca juga: Insiden di Bandara Adi Sucipto, Main Layangan di Bandara Bisa Dipenjara 3 Tahun

Saat ini manajemen Citilink akan terus berkoordinasi lebih lanjut terhadap pihak bandara dan stakeholders atas kejadian ini, khususnya untuk menjunjung tinggi dalam menjaga aspek keselamatan dan keamanan penerbangan sehingga diharapkan kejadian ini tidak terjadi kembali.

Sebelumnya, PT Angkasa Pura I Bandara Adisitjipto Yogyakarta menerima laporan mengenai pesawat Citilink yang salah satu rodanya tersangkut layangan berukuran besar saat hendak mendarat di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta pada Jumat (23/10/2020).

Pandu menegaskan tidak ada korban dalam kejadian tersebut. Pesawat yang membawa 54 penumpang serta lima awak kabin dari Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta itu dapat mendarat dengan selamat.

 Baca juga: Tabrak Layang-Layang saat Mendarat Pesawat Citilink Tak Alami Kerusakan

"Pesawatnya masih bisa mendarat dengan mulus. Setelah dicek oleh tim GMF (Garuda Maintenance Facility) tidak terjadi kerusakan," katanya.

Menurut Pandu, satu roda pesawat Citilink jenis ATR 72-600 dengan nomor penerbangan QZ 1107 tersangkut layang-layang saat terbang mendekati landasan Bandara Adisutjipto pada ketinggian 1.000 kaki pada Jumat (23/10/2020) pukul 16.48 WIB.

"Kira-kira areanya di fly over Janti (Sleman) agak ke barat lagi. Ketinggian 200 meter di atas permukaan tanah. Memang pilot melihat banyak layang-layang di sana. kemudian sudah dilaporkan ke petugas tower. Tapi sulit dihindari ya karena di situ kan lintasan pesawat," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini