Manis dan Bermanfaat, Begini Cara Budidaya Buah Tin di Rumah

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 25 Oktober 2020 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 25 470 2299154 manis-dan-bermanfaat-begini-cara-budidaya-buah-tin-di-rumah-yfphSQCHF2.jpg Tips Budidaya Buah Tin di Rumah. (Foto: Okezone.com/Kementan)

JAKARTA - Kerja dari rumah atau work from home (WFH) kala pandemi Covid-19 membuat sebagian orang memiliki banyak waktu di rumah. Salah satu kegiatan yang paling banyak dilakukan adalah menanam.

Tanaman yang sedang digandrungi untuk dibudidayakan adalah buah Tin. Hal ini karena buahnya yang manis dan segar sekaligus bisa bermanfaat bagi tubuh manusia.

Baca Juga: Harga Sayuran Organik Sedang Naik, Simak Cara Berkebun di Rumah Sendiri

Lalu, bagaimana cara melakukan budidaya buah Tin bagi seorang pemula? Dikutip dari intagram kementerianpertanian, Minggu (25/10/2020), berikut cara membudidayakannya :

1. Bibit

Ada tiga cara mendapatkan bibit pohon Tin, mulai dari biji, stek batang, atau sistem cangkok. Untuk pemula disarankan agar memilih bibit stek batang dan cangkok.

2. Media Tanam

Media tanam pohon Tin bisa memanfaatkan pot. Isi dengan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingnan 1:1. Kemudian, buat lubang tanam sedalam 50-60cm.

3. Perawatan

Bibit yang tumbuh bisa dimasukkan ke dalam pot yang sudah disediakan. Pohon Tin tidak perlu terlalu sering disiram, cukup 2-3 kali seminggu.

Baca Juga: 4 Pangan yang Bisa Ditanam di Rumah, Bawang hingga Seledri

4. Panen

Panen buah Tin saat tanaman berusia 4-5 bulan. Pada musim kemarau buahnya lebih banyak dan cepat matang.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini