Uji Coba LRT Tanpa Masinis Bakal Dilakukan Tahun Depan

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 11:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 320 2299529 uji-coba-lrt-tanpa-masinis-bakal-dilakukan-tahun-depan-vdPGWmF5cy.jpg LRT (Foto: Rina Anggraeni/Sindonews)

JAKARTA - Kereta layang ringan atau light rail transit (LRT) Jabodebek terus memasuki tahap uji coba. LRT ini menghubungkan Cibubur-Cawang hingga Cililitan.

Tahun ini LRT hanya akan menguji coba dengan masinis. Hal ini dikarenakan masih ada jalur lintasan rel yang belum beroperasi.

 Baca juga: LRT Jabodebek Lalu-lalang di Cibubur-Cawang, Kapan Beroperasi?

Namun, Commissioning Manager PT Inka Dian Yudha mengatakan tahapan tanpa masinis ini masuk dalam Grade of Automation (GoA) level 4 ini akan dilakukan pada tahun 2021.

"Tahapan tanpa masinis akan dilakukan tahun depan. Kita ini bertahap karena ada 4 tahapan dalam menguji coba LRT," ujar Dian di Jakarta, Senin (26/10/2020).

LRT

 Baca juga: Jam 2 Siang, Uji Coba LRT Jabodebek 4 kali Bolak-balik

Kata dia, tahapan Grade of Automation (GoA) level 4 bisa dilakukan jika semua infrastruktr rel untuk LRT sudah dibangun dengan lengkap.

"Dilakukan jika semua pembangunan rel sudah selesai semuanya," tandasnya.

Saat ini, Progres pembangunan prasarana LRT Jabodebek sudah mencapai 77,83%. Tantangan terbesar dalam proyek pembangunan LRT Jabodebek adalah pemasangan girder. Meski begitu dirinya memastikan pengerjaan proyek tetap berjalan meski di tengah pandemi Covid-19.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini