Bos BI: Holding Bisnis Pesantren Buat Ekonomi Syariah Makin Moncer

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 27 Oktober 2020 12:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 320 2300193 bos-bi-holding-bisnis-pesantren-buat-ekonomi-syariah-makin-moncer-EbsFCllPj5.jpg Syariah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) terus mengembangkan ekonomi syariah yang berbasis pesantren. Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan Indonesia mendeklarasikan inisiasi pembentukan usaha induk (holding bisnis) pesantren nasional guna mewujudkan kemandirian ekonomi pesantren sebagai basis arus ekonomi Indonesia.

"Holding bisnis menjadi bisnis program penguatan pesantren untuk mendukung akselerasi pesantren yang ada di pondok pesantren dan mempermudah realisasi dan inisiatif perkembangan ekonomi syariah," ujar Perry dalam video virtual, Selasa (27/10/2020).

Baca juga: Merger Bank Syariah BUMN Pacu Pengembangan Industri Halal

Saat ini, perkembangan pesantren dan pengembangan pasar ini melakukan negosiasi dengan mitra bisnis lainnya. Holding bisnis pesantren ini memperluas pasar akses keuangan.

"Holding bisnis pesantren dari deklarasi di mana 100 pesantren yang tergabung," jelasnya.

 

Menurutnya, BI menerapkan peran penting pondok pesantren ekonomi dan keuangan syariah ini dirumuskan dalam visi dan misi. Adapun diturunkan peta program kemandirian yang komprehensif untuk ekonomi Indonesia.

"Ini kemandirian ekonomi sistem pesantren dari mata rantai halal di Indonesia," tandasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini