Sosok Inspiratif Tan Siok Tjien, Istri Pendiri Gudang Garam yang Masuk Daftar Wanita Terkaya Dunia

Michelle Natalia, Jurnalis · Kamis 29 Oktober 2020 09:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 29 455 2301049 sosok-inspiratif-tan-siok-tjien-istri-pendiri-gudang-garam-yang-masuk-daftar-wanita-terkaya-dunia-barnXKEXBO.jpg PT Gudang Garam Tbk (Shutterstock)

JAKARTA - Nama Tan Siok Tjien tidaklah asing dalam dunia bisnis tanah air, terutama di PT Gudang Garam Tbk (GGRM). Kiprah Tan Siok Tjien selama hidupnya memberikan inspirasi bagi banyak orang, khususnya bagi para perempuan Indonesia.

Orang Indonesia tentunya tahu perusahaan rokok Gudang Garam. Tan Siok Tjien merupakan istri dari sang pemilik, Surya Wonowidjojo.

 Baca juga: Anak Tan Siok Tjien, Susilo Wonowidjojo Jadi Orang Terkaya ke-4 Indonesia

Berawal dari perusahaan sederhana, kini nama perusahaan Gudang Garam sudah tercatat sebagai industri yang dikenal dan menguntungkan. Bayangkan saja, awalnya perusahaan ini hanya memproduksi rokok linting yang terbuat dari daun jagung.

Berawal didirikan di Kediri pada 1956, perusahaan ini berkembang pesat dua tahun kemudian. Lalu, namanya berganti menjadi Pabrik Tjap Gudang Garam pada 1958.

Di balik kesuksesan Surya Wonowidjojo mendirikan dan mengembangkan perusahaan, ada peran sang istri yang menjadikannya hingga seperti sekarang ini.

 Baca juga: Cerita Erick Thohir Pernah Tawuran dengan Rosan Roeslani dan Sandiaga Uno

Nama Tan Siok Tjien pernah tercatat sebagai pemegang saham terbesar dari perusahaan, yakni sebesar lebih dari 31%. Hal ini terjadi sebelum 1990, dirinya tercatat sebagai pemegang saham perorangan yang paling tinggi.

Tan Siok Tjien juga tercatat sebagai pemegang saham individu sebelum sebagian besar saham perusahaan dipindahkan ke perusahaan induk. Ini tercatat dalam laporan tahunan Gudang Garam pada 1999.

 Baca juga: Tan Siok Tjien Wafat, Istri Pendiri Gudang Garam Sempat Kehilangan Rp19,26 Triliun

Menjadi pemilik saham terbesar tentunya akan merasakan dampak dari kenaikan dan penurunan suatu saham. Seperti halnya yang dirasakan oleh Tan Siok Tjien.

Pada akhir 2019, sahamnya diketahui sempat anjlok. Aset atau kekayaannya pun menjadi berkurang.

Tak main-main, hartanya dihitung lenyap sekitar USD2,27 miliar atau setara Rp36,4 triliun sejak dari awal tahun 2019, menurut perhitungan Bloomberg Billionaires. Hal ini terjadi karena rencana kenaikan cukai rokok di 2020.

Tak sampai di situ, semua perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pun mengalami kemerosotan tajam sejak pandemi COVID-19 mulai terjadi. Begitu pun dengan perusahaan Gudang Garam.

Adanya sentimen terhadap konsumsi rokok dengan penyakit Virus Corona membuat harga saham Gudang Garam kian merosot. Kondisi ini tentunya semakin membuat aset dari Tan Siok Tjien berkurang.

Sang suami yang sudah tutup usia mewariskan harta kekayaan pada keluarga, termasuk untuk istrinya, Tan Siok Tjien. Selepas kepergian sang suami, Gudang Garam dipimpin oleh anak pertama Tan Siok Tjien, Rachman Halim. Hingga kini, jabatan penting tersebut dipegang oleh Susilo Wonowidjojo.

Dalam Bloomberg Billionaires pun disebutkan bahwa Tan Siok Tjien mendapat warisan kekayaan dari sang suami. Menurut laporan 2018, Tan Siok Tjien memiliki saham melaui perusahaan induk Suryaduta Investama dan Suryamitra Kusuma.

Bloomberg Billionaires yang kerap membuat daftar orang terkaya mencatatkan namanya jadi orang terkaya pada 2017.

Pada tahun tersebut, kekayaannya ditaksir mencapai USD9,29 miliar atau setara Rp124 triliun (kurs mata uang saat itu). Berdasarkan jumlah hartanya tersebut, dirinya berada di peringkat 145 dari total 500 miliarder di seluruh dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini